Baru 3 Bulan, Minadadi Banyumas Dapat Penuhi Kebutuhan Ikan Resto 40 Kg Sehari, Apa Rahasianya?

- 12 Januari 2021, 21:07 WIB
Ikan nila yang dibudidayakan Pokdakan Minadadi di Desa Wiradadi Sokaraja Banyumas yang dapat memenuhi kebutuhan ikan resto di Purwokerto hingga 40 kg per hari /Hening Prihatini/Pokdakan Minadadi

PORTAL PURWOKERTO- Kelompoke pembudidayaan ikan (Pokdakan) Minadadi yang berada di Wiradadi Sokaraja Banyumas ini memiliki ide menyulap irigasi yang melewati rumah mereka menjadi tempat budidaya ikan.

Tak sampai disitu, irigasi yang dijadikan budidaya ikan ini juga menjadi tempat wisata bagi anak-anak dan keluarga.

"Ide ini berasal dari seorang warga disini yang namanya Mas Jun. Kemudian bersama warga lain didiskusikan dan jadilah seperti sekarang ini," kata ketua Pokdakan Minadadi Noviar Ilmawan pada Selasa, 13 Januari 2021.

Baca Juga: Alasan Bukan Banyumas Yang Pertama Melaksanakan Vaksinasi 14 Januari di Jateng, Ini Kata Ganjar

"Ada 15 orang di Desa Wiradadi yang terlibat langsung dalam Minadadi ini," lanjutnya

Menurut Noviar, tempat wisata berbasis budidaya ikan Minadadi ini menjadi salah satu alternatif bagi anak-anak untuk bermain di luar rumah terbebas dari gadget.

Baca Juga: Satu Lagi Pejabat Negara Terkonfirmasi Positif Covid-19, Wagub NTT Dinyatakan Positif dan OTG

"Tempat ini juga kami jadikan tempat bagi anak-anak bermain di outdoor. Jika mau, kami membolehkan mereka untuk ceburan di irigasi. Bebas saja mereka," lanjutnya.

Lebih lanjut, Noviar mengatakan bahwa ikan yang dibudidayakan oleh Pokdakan Minadadi ini ada dua jenis. Yakni ikan nila dan ikan lele yang dipisahkan satu sama lainnya.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X