Putra Mahkota Vs Keponakan dalam Pilkada Purbalingga 2024, Pengamat: Bandingkan Kapasitas dan Kapabilitas

- 28 Mei 2024, 11:10 WIB
Bakal calon petahana, Dyah Hayuning Pratiwi, akan bersaing dengan sang paman, R Ruli Adi, dalam Pilkada Purbalingga 2024. *
Bakal calon petahana, Dyah Hayuning Pratiwi, akan bersaing dengan sang paman, R Ruli Adi, dalam Pilkada Purbalingga 2024. * /

PORTAL PURWOKERTO- Pilkada Purbalingga 2024 mulai menghangat. Para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga mulai mendaftar lewat partai politik yang akan berkontestasi pada 27 November 2024 mendatang.

Dua nama bakal calon Bupati dalam Pilkada Purbalingga 2024 menarik perhatian. Adalah R. Ruli Adi dan Dyah Hayuning Pratiwi, saat ini masih menjabat sebagai Bulati Purbalingga.

Pasalnya, R. Ruli Adi dan Bu Tiwi, sapaan akrabnya, masih satu trah. Tampilnya seorang paman dan keponakan ini potensial akan menjadi rival dalam Pilkada Purbalingga 2024.

Sebagai informasi, Bu Tiwi telah mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Bupati ke PDI Perjuangan, sementara, Ruli Adi telah mengembalikan formulir ke PKB Purbalingga dalam kontestasi Pilkada Purbalingga 2024.

Baca Juga: Bupati Tiwi Maju Pilkada Purbalingga 2024 Lewat PDIP, Bambang Irawan: Hanya Mencalonkan Dyah Hayuning Pratiwi

Ruli Adi dikabarkan akan mengembalikan formulir ke partai lainnya dalam waktu dekat ini untuk maju sebagai bakal calon Bupati Purbalingga. Ia merupakan mantan Direktur Pertamina dan Direktur KAI.

Pengamat Sampaikan Hal Ini

Pakar politik yang juga Ketua Jurusan Politik Fisip Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Indaru Setyo Nurprojo, mengatakan, masyarakat perlu menilik kapasitas dan kapabilitas paman dan keponakan tersebut.

"Dalam pelaksanaan Pilkada, siapa pun sebagai warga negara Indonesia berhak maju sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati. Jadi akan sangat mungkin adanya persaingan antara keponakan dan paman, kakak dan adik atau pun sahabat. Jadi semua sah-sah saja," katanya.

Indaru mengingatkan masyarakat untuk menilai kapasitas dan kapabilitas calon yang muncul seperti visi dan misi masing-masing kandidat termasuk rekam jejak atau track record.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah