Awas Banyak Perlintasan Tidak Terjaga, Terbanyak di Cilacap

- 16 Oktober 2020, 18:08 WIB
Aksi Sosialisasi Keselamataan di Perlintasan sebidang /Humas KAI Daop 5 Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan bahwa keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama. Pemerintah, operator, dan pengguna jalan memiliki peran masing-masing yang sama pentingnya.

Paslanya, sampai saat ini KAI mencatat terdapat 3.124 perlintasan sebidang resmi dan 1.556 perlintasan tidak resmi atau liar. Pada 2020, sampai awal Oktober, KAI sudah menutup 124 perlintasan sebidang liar dengan tujuan untuk normalisasi jalur KA dan peningkatan keselamatan perjalanan KA.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan untuk wilayah Daop 5 Purwokerto terdapat sebanyak 208 perlintasan.

“Total 208 perlintasan di wilayah Daop 5, jumlah yang dijaga KAI sebanyak 62, dijaga Pemda sebanyak 39, tidak dijaga ada 107 perlintasan," ujarnya melalui rilis yang diterima Portal Purwokerto.

Dari jumlah perlintasan yang tidak terjaga, tersebar di tujuh kabupaten yang berada di wilayah Daop 5. Jumlah terbanyak tercatat di Kabupaten Cilacap dengan total 45 perlintasan, sedangkan kabupaten lainnya seperti Banyumas ada 12 perlintasan, Brebes ada 3 perlintasan, Ciamis ada 2 perlintasan, Kebumen ada 16 perlintasan, Purworejo ada 7 perlintasan dan Tegal sebanyak 22 perlintasan.

Baca Juga: Mau Jualan Pil Koplo Sambil Ikut Demo UU Cipta Kerja, Mahasiswa di Kebumen Dibekuk

"Dari 107 perlintasan ilegal, 91 yang resmi tercatat dan 16 ilegal dan tersebar di Cilacap ada 9 perlintasan, Brebes 3 perlintasan, Tegal 2 perlintasan dan masing-masing 1 perlintasan di Purworejo dan Banyumas," katanya.

Menurutnya, perlintasan sebidang seharusnya dibuat tidak sebidang yaitu menjadi flyover dan underpass untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA dan pengguna jalan.

Langkah lain selanjutnya yakni dengan menutup perlintasan sebidang yang tidak berizin atau liar. Yang terakhir peningkatan keselamatan dengan pemasangan peralatan keselamatan perlintasan sebidang dan disertai dengan pemasangan perlengkapan jalan.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X