Kebumen Zona Merah, Kampanye Pilkada 2020 Dengan ‘door to door’

- 16 Oktober 2020, 18:23 WIB
Peta Kebumen yang menjadi wilayah Zona Merah /dok Pemkab Kebumen

PORTALPURWOKERTO - Menghindari Klaster Pilkada 2020, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto dan Hj Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) menggelar kampanye senyap, antara lain dengan membangun jaringan dengan melibatkan 12.500 orang untuk door to door memperkenalkan pasangan tersebut kepada masyarakat pemilih.

Anggota jaringan sebanyak 12.000 orang yang akan  bergerak mengkampanyekan pasangan tersebut sudah lolos Covid-19, dan melalui prosedur tes swab. Kampanye door to door juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, mengingat Kebumen saat ini sebagai zona merah Covid-19.

"Kami door to door menggunakan jaringan, kami kerahkan relawan sampai tingkat rukun tetangga, dengan melibatkan kurang lebih 12.500 relawan. Mereka akan bergerak dari tingkat desa sampai tingkat RT,  jadi insyaallah aman," kata Arief pada Jumat,  16 Oktober 2020.

Baca Juga: Bukan Karena Klaster Pilkada, Ini yang Bikin Kebumen Zona Merah

Diakui  kampanye di tengah pandemi Covid-19 sekarang memiliki tantangan yang luar biasa. Untuk itu, pihaknya juga  menggunakan metode kampanye melalui media online, seperti instagram, facebook dan daring. Termasuk dalam penyampaian visi misi, meski melawan kotak kosong namun, kata Arif tim pemenangannya tetap kerja keras melakukan pendekatan terhadap masyarakat pemilih.

“Visi dan misi harus sampai masyarakat, jadi kampanye melalui media sosial, daring, dan sistem terprogram hingga akar rumput tetap kami kedepankan,” ujarnya.

Menurutnya jika dalam kondisi normal, kampanye terbuka dengan mengundang massa banyak, akan ebih efektif. Dicontohkan dengan mengumpulkan masyarakat di alun-alun yang memiliki kapasitas 10.000 atau lebih, dari sisi  waktu sangat efektif. 

"Sekarang kampanye tertutup dibatasi  50 orang, waktunya lebih banyak. Namun  tantangan tersebut lebih efektif untuk mendekatkan paslon dengan rakyat," tambahnya.

Baca Juga: Klaster Pesantren di Cilacap Sumbang 348 Pasien Positif Covid-19 Baru

Halaman:

Editor: Eviyanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X