Beternak Kambing Modal Rp2 juta, Berikutnya Caranya Mendapat Keuntungan Jutaan Rupiah

- 10 Juni 2021, 12:43 WIB
Beternak kambing modal Rp2 juta,  Investasi menarik keuntungan jutaan rupiah
Beternak kambing modal Rp2 juta, Investasi menarik keuntungan jutaan rupiah /Pixabay.com

PORTAL PURWOKERTO -  Cukup dengan modal antara Rp2 juta bisa beternak kambing di rumah. Potensi keuntungan dan pasarnya sangat besar.

Beternak kambing  bagi pemula sebenarnya sangat mudah, dengan modal Rp 2 juta sudah bisa memulai bisnis pembesaran kambing.

Cocok dilakukan wilayah pedesaan sebab masih banyak lahan luas. Mudah memenuhi kebutuhan  makanan ternak alami, seperti rumput. Beternak kambing dengan modal Rp2 juta sangat menguntungkan. 

Beternak kambing dengan modal  Rp2 juta mudah dan potensi pasarnya sangat tinggi. Karena kebutuhan kambing di tanah air cukup besar khususnya pada saat hari raya kurban atau hari Raya Idul Adha atau kebutuhan aqiqah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Kambing Qurban untuk Persiapan Idul Adha yang Sesuai Syariat? Simak Penjelasan Berikut

Kebutuhan kambing potong di Indonesia sangat besar tinggi,  antara lain untuk memenuhi kebutuhan hari raya Qurban, aqiqah hingga keutuhan rumah makan dan restoran.

Kambing merupakan hewan kurban paling banyak dibutuhkan pada Idul Adha 2020, sebagai gambaran kebutuhan ternak lokal, sesuai  data Kementerian Pertanian stok hewan kurban lokal untuk kebutuhan Idul Adha 2020 lalu  1.802.618 ekor.

Pemerintah hanya mampu menyiapkan hewan ini sebanyak 853.212 ekor atau hanya  47,3% dari total kebutuhan.

Sisanya  diisi dengan jenis hewan ternak seperti  domba dan sapi, sedang jenis hewan kurban kuantitas sangat terkecil. Hewan ternak itu hanya tersedia 15.653 ekor atau 0,9% dari total stok hewan kurban.

Halaman:

Editor: Eviyanti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X