Inilah Ruja Ignatova, Ratu Kripto OneCoin dan Jadi Buron, FBI Beri Rp1,5 Miliar Bagi yang Berhasil Menemukan

- 2 Juli 2022, 07:27 WIB
Inilah Ruja Ignatova, Ratu Kripto One Coin dan Jadi Buron, FBI Beri Rp1,5 Miliar Bagi yang Berhasil Menemukan
Inilah Ruja Ignatova, Ratu Kripto One Coin dan Jadi Buron, FBI Beri Rp1,5 Miliar Bagi yang Berhasil Menemukan /IG @rujaignatova/

PORTAL PURWOKERTO - Nama Ruja Ignatova menjadi sorotan internasional setelah FBI menambahkannya sebagai daftar orang yang paling dicari.

Dikutip dari Bloomberg, pendiri kripto OneCoin ini sudah menghilang sejak tahun 2017 lalu.

Ruja Ignatova sudah menjadi buronan interpol Eropa sejak bulan lalu. Ia diduga menipu jutaan investor untuk mengirimnya setidaknya $ 4 miliar atau sekitar Rp59,9 Triliun di perusahaan cryptocurrency OneCoin yang ia dirikan.

Pihak berwenang AS mengatakan Ignatova adalah dalang di balik OneCoin, yang mereka sebut sebagai salah satu skema piramida terbesar dalam sejarah.

Baca Juga: Crypto Market Crash? Bitcoin Makin Merosot Usai Pengumuman Celcius Network

Sementara Ignatova mengklaim OneCoin didukung oleh blockchain, itu tidak ada, kata Michael Driscoll, kepala kantor Biro Investigasi Federal di New York.

"Ignatova memiliki resume yang bagus, dia dilaporkan belajar hukum di Oxford dan bekerja di McKinsey, tetapi dia sekarang duduk berdampingan di daftar 10 teratas pemimpin kartel, penculik, dan pembunuh," Damian Williams, Jaksa AS untuk Distrik Selatan New York mengatakan pada konferensi pers Kamis.


AS membuka dakwaan terhadapnya pada tahun 2019, menuduhnya melakukan penipuan kawat, konspirasi untuk mencuci uang, dan penipuan sekuritas.

FBI menawarkan hadiah $ 100.000 atau sekitar Rp1,5 miliar untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x