Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Versi Sikapi Uangmu OJK, Catat Pengeluaran Bisa dengan Aplikasi Lho

- 20 Agustus 2022, 14:03 WIB
Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Versi Sikapi Uangmu OJK, Catat Pengeluaran Bisa dengan Aplikasi Lho
Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Versi Sikapi Uangmu OJK, Catat Pengeluaran Bisa dengan Aplikasi Lho /Image from unsplash.com by Sumudu Mohottige

PORTAL PURWOKERTO - Inilah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dan keuangan keluarga pun jadi sehat.

Saat menerima gaji, tak jarang pemasukan hanya sekadar numpang lewat untuk membayar angsuran hingga kebutuhan hidup. Boro-boro menabung, pemasukan yang hadir seakan tak mampu lagi mencukupi.

Bisakah dompet rumah tangga aman dan kebutuhan tercukupi?

Jawabannya bisa, syaratnya adalah pengelolaan keuangan Anda dilakukan dengan tertib seperti melakukan perencanaan keuangan dan menentukan pos anggaran di awal.

Berikut langkah mengatur keuangan rumah tangga yang dirangkum Portal Purwokerto dari laman resmi sikapiuangmu OJK:

1. Buat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan ini perlu dibuat agar Anda memiliki catatan dana impian seperti dana pernikahan, dana kelahiran anak hingga dana untuk ibadah haji.

Mulai sekarang Anda bisa mencatat dana impian apa yang diperlukan dan bagaimana perencanaan keuangan yang Anda lakukan untuk bisa melakukan tujuan tersebut.

Misalnya pada bulan Juli Anda perlu membayar uang sekolah anak Rp5 juta. Maka buat pos anggaran, berapa yang harus disisihkan setiap bulan agar mencapai angka tersebut.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas

Sumber: sikapiuangmu.ojk.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x