Hasil Survei Marketplace Pilihan Seller di Ramadan 2023: Penjual Dapat Omzet dan Keuntungan Terbanyak

- 27 Maret 2023, 07:00 WIB
 Platform marketplace terus melakukan inovasi untuk membantu para seller dalam mengembangkan bisnis dan memperoleh keuntungan yang maksimal.
Platform marketplace terus melakukan inovasi untuk membantu para seller dalam mengembangkan bisnis dan memperoleh keuntungan yang maksimal. /Pixabay/200degrees /

 

PORTAL PURWOKERTO- Sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat dalam memenuhi kebutuhan secara online, marketplace telah menjadi platform andalan para seller di Indonesia. Keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan menjadi daya tarik yang membuat mereka memilih marketplace untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

Menurut survei terbaru Ipsos, perusahaan riset pasar global terkemuka, tiga manfaat utama yang dirasakan oleh para online seller ketika menggunakan platform marketplace adalah peningkatan omzet penjualan (84%), perluasan jangkauan pasar (72%), dan penghematan biaya promosi (69%).

Platform marketplace terus melakukan inovasi untuk membantu para seller dalam mengembangkan bisnis dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Dari hasil survei Ipsos, Shopee (65%) dianggap sebagai marketplace yang memberikan omzet terbesar bagi para online seller, mengungguli Tokopedia (16%), TikTok Shop (9%), dan Lazada (6%).

Baca Juga: Waspada Pinjol Ilegal Selama Ramadhan, Ini Daftar Pinjol Ilegal Terbaru Dari OJK, Jangan Sampai Tergiur!

Selain itu, Shopee (59%) juga menduduki peringkat pertama sebagai marketplace yang memberikan keuntungan terbanyak bagi para online seller, diikuti oleh Tokopedia (20%) di peringkat kedua, dan TikTok Shop (8%) serta Lazada (7%) di peringkat selanjutnya.

Data Survei Ipsos.
Data Survei Ipsos.

Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia mengatakan kehadiran marketplace membuat belanja online menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

"Seiring dengan kebutuhan ini, munculah para pelaku usaha yang mencoba untuk menjawab tingginya minat belanja online pembeli dengan mengandalkan marketplace sebagai platform berjualan mereka, yang akhirnya memberikan keuntungan bisnis bagi mereka. Tidak hanya itu, melalui survei ini, kami juga ingin mengidentifikasi brand/merek platform marketplace mana yang menjadi pilihan utama penjual dalam memasarkan produk mereka serta faktor-faktor apa saja yang menentukan pilihan tersebut," ujar Andi Sukma.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini



Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x