3 Manfaat Doa Qunut Sholat Subuh, Simak Bacaan Lengkap dan Tata Caranya

- 1 April 2023, 06:10 WIB
3 Manfaat Doa Qunut Sholat Subuh, Bacaan Lengkap dan Tata Cara.
3 Manfaat Doa Qunut Sholat Subuh, Bacaan Lengkap dan Tata Cara. /PORTAL PURWOKERTO /Freepik.com/Rawpixel


PORTAL PURWOKERTO - Berikut 3 manfaat doa qunut sholat subuh, simak bacaan lengkap dan tata caranya berikut ini adalah bacaan doa qunut saat sholat subuh lengkap dengan manfaatnya. Sholat merupakan salah satu kewajiban umat Islam untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Adapun sholat subuh menjadi salah satu sholat fardhu yang berbeda dari shalat fardhu lainnya. Selain rakaatnya lebih sedikit, dalam sholat ini juga terdapat doa qunut yang dibaca oleh sebagian umat Muslim. Meski begitu, doa qunut ini tidaklah wajib .

Shalat memiliki hukum fardhu 'ain dan menjadi kewajiban utama setiap orang Islam yang sudah baligh, sholat tetap harus dikerjakan dalam keadaan apa pun.

Qunut adalah doa yang diucapkan sambil berdiri tegak dalam ibadah Islam, salat yang hukumnya sunnah. Menurut sunnah Nabi Islam, Muhammad, qunut dibacakan pada saat shalat Witir dan salat lima waktu hanya dalam hal terjadi musibah yang menimpa umat Islam, seperti serangan musuh, bencana alam, dan lain-lain. 

Baca Juga: Ini Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit Tentang Sholat Merupakan Tiang Agama Beserta Dalilnya

Arti Qunut adalah ketaatan, kesungguhan, patuh, berdiri lama, dan diam. Selain itu, dalam beribadah, qunut memiliki arti sebagai meminta ampunan dan memberi pujian kepada Allah SWT setelah mengerjakan shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah.

Bacaan doa qunut subuh dilantunkan usai ruku dengan mengangkat tangan. Doa qunut dibaca dengan suara pelan dan menggunakan lafal "ihdini" yang artinya berilah aku petunjuk.

Bacaan Doa Qunut

Berikut bacaan doa Qunut adalah sebagai berikut lengkap dengan artinya:

"Allahummah diinii fiiman hadait wa aafinii fiman aafait.

Watawallanii fiiman tawallait wabaariklii fiimaa a'thait.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x