4 Trik Jitu Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum, Apa Itu Tantrum? Ayah dan Bunda Harus Tahu!

- 27 Mei 2024, 14:03 WIB
Ilustrasi. 4 Trik Jitu Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum. *
Ilustrasi. 4 Trik Jitu Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum. * /pexels/@mohamedabdelghaffar


PORTAL PURWOKERTO - Apakah putra atau putri Anda kerap mengalami tantrum? Simak penyebab tantrum pada bayi dan balita lengkap cara mengatasinya ditempat umum.

Penyebab Tantrum pada bayi dan balita adalah hal yang wajar selama perilaku tersebut tidak terjadi secara intens.

Tak sedikit orang tua yang mengeluh lantaran sang anak yang terus menerus menangis hingga mengamuk lantaran suatu sebab yang terkadang tak dipahami orangtua.

Baca Juga: 5 Hotel di Purwokerto dengan Kolam Renang Ramah Anak dan Cocok Jadi Lokasi Staycation Saat Long Weekend

Apa Itu Tantrum?

Tantrum adalah ledakan emosi, biasanya dikaitkan dengan anak-anak atau orang-orang dalam kesulitan emosional, yang biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, menjerit-jerit, pembangkangan, mengomel marah dan sebagainya.

Bayi tantrum adalah sebuah ekspresi kemarahan sang anak yang datang secara tiba-tiba, namun hal tersebut lazim dialaminya. Perilaku ini adalah kondisi yang normal terjadi pada anak, bahkan bisa dibilang hal tersebut sebagai bagian dari proses perkembangan.

Namun, meski hal tersebut dikatakan normal, sebagai orangtua harus pintar-pintar menyikapinya, jika tidak, tantrum dapat menjadi perilaku berkelanjutan atau kebiasaan buruk pada si anak.

Kondisi ini umumnya terjadi pada balita usia 1 sampai 3 tahun ketika anak menangis, merengek, menjerit, menendang, atau memukul. Anak yang tantrum biasanya diakibatkan oleh rasa kesal, marah, dan frustasi atau bisa juga muncul ketika anak merasa lapar, lelah, atau tak nyaman dengan lingkungan.

Tindakan agresif tersebut terjadi akibat anak sulit untuk mengungkapkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Meski seiring bertambahnya usia dan kemampuan berbahasa anak akan semakin meningkat, jangan lengah dan tetap memberinya pengarahan sejak dini.

Baca Juga: Apa Hak Anak dan Ibunya Pasca Perceraian? Mantan Suami Wajib Penuhi Hal INI

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah