Aman Ngga Sih..Kalau Berenang Saat Pandemi Corona?

- 18 Oktober 2020, 11:21 WIB
Ilustrasi renang /Pikiran Rakyat/

PORTAL PURWOKERTO - Sejak diumumkannya waspada virus Corona oleh Pemerintah, berbagai aktivitas yang biasa dilakukan warga dibatasi terlebih lagi berkumpul dengan jumlah lebih dari lima orang.

Protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan hingga menyemprot permukaan dan ruangan dengan disinfektan dicanangkan untuk mengurangi penyebarannya. Warga diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cukup makanan bergizi, berjemur dan berolahraga seperti berlari ringan dan bersepeda.

Dalam menjalankan aktivitas tersebut, warga dapat menerapkan protokol kesehatan. Lalu bagaimana dengan kegiatan berenang? Apakah masih aman untuk berenang di tengah-tengah pandemi Corona 19?

Baca Juga: Klaster Pesantren Bertambah, 198 Ponpes di Banyumas PSBB

Seperti diketahui banyak orang bahwa saat berenang, pemakaian masker sangat sulit dilakukan begitu juga untuk menjaga jarak terlebih lagi saat kita datang ke kolam renang umum ketika banyak pengunjung.

Dilansir Portal Purwokerto dari nytimes.com, hasil konsensus mengenai penyebaran virus Corona didalam kolam renang menjelaskan bahwa kecil kemungkinan terjadi penyebaran virus tersebut didalam air.

Hal ini dikarenakan bahan kimia klorin Dan bromin yang biasa ditambahkan ke dalam kolam renang. Kedua bahan kimia tersebut menon-aktifkan virus sehingga transmisi virus dari satu orang ke orang lain dapat diminimalisir.

Baca Juga: Anggota DPRD Cilacap Meninggal Akibat Positif Covid-19


Hanya saja, penyebaran virus dapat terjadi saat kita tidak melakukan protokol kesehatan dengan menjaga jarak satu sama lain ketika didalam ruang ganti di sekitar area kolam renang umum.

Virus bisa tersebar melalui droplet orang yang terinfeksi Corona yang mungkin tidak sengaja menempel di loker dan pintu ruang ganti. Penyebaran virus ini akan beresiko lebih tinggi didalam ruangan dibandingkan diluar ruangan.

Baca Juga: Kebumen Zona Merah, Kampanye Pilkada 2020 Dengan ‘door to door’

Jadi, jika Anda ingin berenang dan tidak punya kolam renang pribadi, tetap melakukan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.***

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: Nytimes


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X