Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 Nasional Diperingati di Kabupaten Cilacap, Apa Saja Kegiatannya?

- 25 April 2021, 09:45 WIB
Ilustrasi bencana alam. Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 difokuskan di Kabupaten Cilacap pada 26 April 2021.
Ilustrasi bencana alam. Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 difokuskan di Kabupaten Cilacap pada 26 April 2021. /Pixabay/WikiImages/


PORTAL PURWOKERTO - Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 yang diperingati pada 26 April 2021 akan difokuskan di Kabupaten Cilacap.

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu Kabupaten rawan bencana dimana letak lokasinya berada di ujung selatan Pulau Jawa sehingga pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 Nasional difokuskan di Kabupaten ini.

Jejak bencana Tsunami dapat ditemukan di Kabupaten ini. Begitu pula dengan bencana gempa bumi yang sering dirasakan warga masyarakat.

Baca Juga: Tahukah Kamu Apa Itu Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB)? Kapan Hari Kesiapsiagaan Bencana?

Dalam pelaksanaan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 Nasional, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, menjelaskan akan diisi simulasi mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami pada dua desa dan lima kelurahan.

Dua desa tersebut yakni Desa Bunton dan Gombolharjo Kecamatan Adipala. Sedangkan Kelurahan yang akan melakukan simulasi mitigasi bencana diantaranya Kelurahan Cilacap, Kelurahan Tegalkamulyan, dan Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan, dan Kelurahan Gunungsimping serta Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah.

Baca Juga: Pemkab Banjarnegara Ajak Warga Lakukan Simulasi Bencana Gempa Bumi Pada 26 April 2021

“Simulasi gempa bumi dan tsunami akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2021 secara serentak mulai pukul 10.00 WIB. Pada saat itu kita juga akan melakukan uji coba tsunami early warning system (TEWS) di sepanjang pantai Cilacap”, kata Tri Komara seperti yang dikutip Tim Portal Purwokerto pada Minggu, 25 April 2021.

Selain itu, di masing-masing instansi Pemerintah Kabupaten Cilacap juga dihimbau untuk melaksanakan simulasi mitigasi bencana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pulang Tangani Gempa dan Banjir, Kepala BNPB Doni Monardo Positif Covid-19

Simulasi kebencanaan penting dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam menghadapi risiko bencana, menurut Tri Komara.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini

Sumber: BPBD Cilacap


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah