Bakal ke Istana Negara, Hotman Paris : Berikan Masukan Terkait Nasib Buruh di UU Cipta Kerja

- 15 Oktober 2020, 11:42 WIB
Hotman Paris /Instagram @hotmanparisofficial

PORTAL PURWOKERTO - Pengacara nyentrik  Hotman Paris Hutapea sehari saja mempelajari  isi pasal pasal dalam  Omnibus Law Undang Undang Cipta Kerja. Hotman menyatakan siap untuk datang ke Istana Negara menghadap Presiden Jokowi.

"Saya ingin datang ke Istana Negara juga untuk memberikan masukan hukum terkait nasib buruh di Indonesia usai  dengan UU Cipta Kerja," tambahnya.

Dia menyebut UU Tata Kerja banyak yang menguntungkan pekerja, salah satunya adalah dalam memperoleh haknya berupa pesangon.

Dalam salah satu pasalnya menyebutkan apabila majikan  tidak membayar uang pesangon sesuai dengan UU ini maka akan dianggap telah  melakukan tindak pidana kejahatan dan ancaman hukumannya adalah  empat tahun penjara.

"Jika majikan  dilaporkan ke polisi maka bakal akan buru buru membayar uang pesangon ini langkah yang sangat bagus, UU yang menguntungkan  pekerja dan para buruh," kata Hotmen dalam akun Instagramnya, @hotmanparisofficial, Minggu (11/10/2020) seperti dikutip Portal Purwokerto, Kamis 15 Oktober 2020.

Baca Juga: Tuai Pro Kontra, Ganjar Buka Posko Aduan Hingga Bergerilya Cari Draft UU Cipta Kerja

Karena sebelum UU Tata Kerja berlaku,  dibutuhkan waktu selama  berbulan bulan untuk menuntut uang pesangon melalui Pengadilan Perburuhan."Tapi dengan UU Tata Kerja hanya diganti dengan  satu laporan ke polisi kemungkinan uang pesangonnya akan didapat, selamat para buruh dan pekerja," kata pengacara dengan bayaran 30 miliar tersebut.

Dia juga menyebut untuk memperoleh pesangon pekerja harus   melalui proses sengketa perburuhan yang sangat bertele tele, mulai dari Departemen tenaga kerja  hingga proses pengadilan di Mahkamah Agung.

"Karena sangat memakan waktu mulai dari Depnaker sampai Mahkamah Agung untuk buruh yang gajinya hanya 2 sampai 5 juta, pesangonnya dikit, mana kuat dia membiayai perkara," jelasnya.

Halaman:

Editor: Eviyanti

Sumber: Instagram @hotmanparisofficial


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X