Apakah Tanaman Termasuk Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui atau Tidak dapat Diperbaharui? Mengapa?

- 12 Oktober 2021, 04:14 WIB
Apakah tanaman termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui? Mengapa? Kelas 4 Tema 4 Subtema 2.*
Apakah tanaman termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui? Mengapa? Kelas 4 Tema 4 Subtema 2.* /Geralt/Pixabay


PORTAL PURWOKERTO - Soal apakah tanaman termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui merupakan materi kelas 4 SD.

Lalu apa contoh kunci jawaban apakah tanaman termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui ini?

Seperti diketahui bahwa sumber daya alam terdiri dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Dikutip dari laman situs Kemendikbud, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menghasilkannya dan dapat habis jika pemakaiannya tidak diatur dengan baik.

Baca Juga: Tulislah Jenis Barang yang Dihasilkan dari Setiap Pekerjaan dan Sumber Daya Alam yang Digunakan, Kelas 2 SD

Contohnya yakni batu bara, minyak bumi, bahan bakar fosil seperti bensin, solar hingga batu mulia seperti emas, perak dan lainnya.

Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu singkat.

Contohnya yakni air, hewan, tumbuhan, sinar matahari dan lain sebagainya. Lalu, apakah tanaman termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui?

Jawabannya yakni termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Mengapa? Karena tanaman dapat dikembangbiakkan dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu, tanaman juga dapat dibudidayakan untuk diambil manfaatnya oleh manusia sehingga termasuk dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X