Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 - 30, Jelaskan Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka!

- 23 September 2022, 07:24 WIB
Ilustrasi. Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP Halaman 29 - 30, Jelaskan Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka!
Ilustrasi. Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP Halaman 29 - 30, Jelaskan Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka! /Josh Hild/pexels.com


PORTAL PURWOKERTO - Kunci jawaban PKN kelas 9 SMP halaman 29 - 30 tentang soal jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Berikut ini, merupakan ulasan kunci jawaban bagi orang tua siswa dan siswi, yang juga diharapkan juga untuk mengeksplore lebih lanjut terkait gagasan pokok.

Sebelum mengetahui jawabannya, mari kita simak pembahasan kunci jawaban kelas 9 halaman 29 dan halaman 30, bersama alumni UIN Yogyakarta, Muhammad Iqbal, S.Pd dengan Portal Purwokerto.

Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia dalam Sidang PPKI pertama pada 18 Agustus 1945.

Baca Juga: Jelaskan Makna yang Terkandung dalam Alinea Keempat Pembukaaan UUD 1945, Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51

Usai ditetapkan sebagai dasar negara, penerapan Pancasila pada awal kemerdekaan tidak berjalan mulus.

Hal ini dikarenakan tak sedikit upaya disintegrasi bangsa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila hingga berdampak pada terpecahnya persatuan bangsa.

Adapun berbagai pemberontakan tersebut adalah seperti pemberontakan PKI Madiun 1948, pemberontakan DI/TII, dan pemberontakan APRA.

Oleh karenanya, pada saat itu pemerintah dan masyarakat Indonesia bekerja sama untuk mempertahankan Pancasila.

Baca Juga: Bagaimana Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan? PKN Kelas 9 Uji Kompetensi

Adik-adik perlu mengingat, bahwa Pancasila merupakan dasar bagi bangsa Indonesia yang artinya nilai-nilai yang terkandung di dalamnya wajib untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari juga juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x