Gempa Daratan Purbalingga Gunung Kidul, BMKG Jauhi Bangunan Retak dan Rusak Akibat Gempa

- 14 Januari 2021, 04:33 WIB
Ilustrasi Gempa. /Pixabay/Tumisu

PORTAL PURWOKERTO - Gempa daratan di Purbalingga dan Gunung Kidul terjadi pada waktu yang bersamaan pada dini hari  Kamis 14 Januari 2021. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta agar warga menjauh, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa bumi.

Melalui Twitter @infoBMKG Kepala Stasiun Geofisika Sleman Ikhsan menyebut,  masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” katanya pada Kamis.

Baca Juga: Gempa Purbalingga M 3,6 di Kedalaman 10 KM, Warganet: Ya Allah Cedek Umahku, Kayanu Mandan Anjlog

Dia juga merekomendasikan agar masyarakat memeriksa dan memastikan bangunan rumah cukup tahan gempa atau cukup tahan gempa, “Pastikan tidak ada kerusakan pada bangunan rumah,”tambahnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga mencatat lokasi gempa di daratan. Gempa Kamis, 14 Januari 2021 pukul 00.36.51 WIB berkekuatan M 3.6. episenter terletak pada koordinat 7.62 LS dan 109.386 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km Tenggara Purbalingga Jateng  pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: Sedang PSBB Jawa Bali, Ternyata Ada Bupati Yang Minta Penyaluran BST Ditunda, Ini Kata Ganjar

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di tiga wilayah Purwokerto, Kebumen dan Banyumas II MMI. “Gempa dirasakan beberapa orang juga menyebabkan benda benda ringan yang digantung bergoyang,” tambahnya.

Gempa Purwokerto, Kebumen, Banyumas merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

Halaman:

Editor: Eviyanti

Sumber: BMKG


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X