Cek Jadwal Penyaluran Bansos PKH Tahap 2 di Sini, Jangan Keliru Tanggal!

- 29 Maret 2022, 06:34 WIB
ilustrasi penyaluran bansos
ilustrasi penyaluran bansos /pexels/ekoanug/

 

PORTAL PURWOKERTO - Pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos) masih melakukan penyaluran Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) pada keluarga penerima manfaat (KPM). Pencairan bansos PKH tahun 2022 dilakukan per triwulan atau tiga bulan sekali.

Pencairan bansos PKH Tahap 1 tahun 2022 telah dilakukan sejak tanggal 21 Februari 2022 kepada 10 juta orang yang masuk daftar penerima manfaat dan diharapkan selesai pada akhir Maret 2022. 

Sedangkan pencairan baksos PKH tahap 2 tahun 2022 dijadwalkan dilakukan pada bulan April hingga Juni. Pencairan tahap 3 pada bulan Juli-September, dan tahap 4 berlangsung pada bulan Oktober sampai Desember.

Dilansir dari laman Kemensos, program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Baca Juga: Kenapa PKH Tahap 1 Belum Cair? Pastikan Terdaftar! Ini Cara Cek Nama Penerima PKH 2022 

Program yang telah berjalan sejak tahun 2007 itu merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama bidang pendidikan dan kesehatan pada kelompok keluarga miskin

Keluarga miskin yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan akan mendapat bantuan dana pada periode tertentu. 

Melalui PKH, keluarga miskin didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi,perawatan, dan pendampingan termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x