Hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Membuat Laporan Akuntansi

- 26 Mei 2022, 11:26 WIB
Hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Membuat Laporan Akuntansi
Hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Membuat Laporan Akuntansi /avel chuklanov/unsplash

PORTAL PURWOKERTO - Bisnis bisa dijalankan dengan berbagai macam strategi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah banyak pekerjaan. Termasuk dalam hal pencatatan transaksi hingga mengelola laporan akuntansi. Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi keuangan yang disertai berbagai macam fitur. Namun ada baiknya jika kamu tahu lebih detail terlebih dahulu mengenai laporan akuntansi.

Namun, tak banyak pebisnis bahkan pengelola keuangan yang mengetahui pengertian dari laporan akuntansi yang sebenarnya.

Pengertian Laporan Akuntansi

laporan akuntansi adalah berkas pencatatan uang, di mana laporan berisikan segala macam transaksi yang melibatkan uang, baik transaksi pembelian maupun penjualan dan kredit. Laporan ini dibuat dalam periode tertentu, contohnya setiap bulan atau setiap satu tahun. Tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

Baca Juga: MENGGELIAT! Harga Terra Luna Hari Ini Mulai Alami Kenaikan? Apa yang Terjadi Pada LUNA Selanjutnya?

Laporan keungan dibuat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan. Sehingga pihak atasan bisa mengevaluasi dengan tepat jika kondisi keuangan usaha mengalami masalah.

Maka dari itu pengelola keuangan harus membuatnya secara tepat dan akurat, serta bertanggung jawab mempresentasikan laporan yang telah dibuat dengan detail kepada atasan. Biasanya dilakukan pada saat evaluasi.

Laporan akuntansi sangat penting sebab menjadi dasar untuk menentukan atau menilai posisi keuangan perusahaan. laporan akuntansi berguna baik pihak – pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan.

Laporan akuntansi juga memiliki fungsi sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau aktivitas keuangan perusahaan dan pihak – pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut.

Halaman:

Editor: Eviyanti


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x