Hari Buruh Bank Buka atau Tutup 2024, BNI, BCA, Mandiri, BRI, dan Bank BTN

- 1 Mei 2024, 01:38 WIB
ILUSTRASI: Hari Buruh Bank Buka atau Tutup 2024, BNI, BCA, Mandiri, BRI, dan Bank BTN
ILUSTRASI: Hari Buruh Bank Buka atau Tutup 2024, BNI, BCA, Mandiri, BRI, dan Bank BTN /GMaps

PORTAL PURWOKERTO - Hari Buruh bank buka atau tutup, Hari Buruh yang tahun ini jatuh pada Rabu, 1 Mei 2024 merupakan tanggal merah alias hari libur nasional.

Tepat di tahun 2024 ini adalah peringatan 10 tahun Hari Buruh di Indonesia resmi menjadi hari yang diperingati di seluruh negeri karena ditetapkan sebagai tanggal merah.

Pada zaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tanggal 1 Mei 2014 ditetapkan bahwa hari buruh dijadikan sebagai hari libur nasional.

Sebelumnya, pada setiap 1 Mei tidak merupakan hari libur nasional yang berupa tanggal merah. Meskipun tetap disebutkan sebagai hari buruh. 

Biasanya peringatan hari buruh dilakukan dengan adanya long march ke pusat pemerintahan untuk mengemukakan tuntutan buruh kepada pemerintah. 

Baca Juga: 1 Mei Hari Buruh Tanggal Merah, Minta Cabut Omnibus Law, Hapus Outsourcing, dan Tolak Upah Murah

Tahun ini juga tidak berbeda, setidaknya ada tiga tuntutan utama yang disuarakan oleh buruh. Yaitu agar pemerintah mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, menghapus outsourcing, serta menolak upah murah.

Hari Buruh bank buka atau tutup, sebagian besar bank pemerintah ataupun swasta selalu libur pada saat tanggal merah yang merupakan hari libur nasional. Namun, ada juga bank yang tetap memberikan layanan perbankan terbatas.

Penetapan hari libur nasional pada 1 Mei tertuang dalam SKB 3 Menteri RI yang disepakati Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Halaman:

Editor: Lasti Martina

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah