Seperti Apa Metode Transfer SKN Mandiri? Simak Cara Membatalkan Metode Transfer SKN Mandiri

- 13 Oktober 2023, 15:29 WIB
Seperti Apa Metode Transfer SKN Mandiri? Simak Cara Membatalkan Metode Transfer SKN Mandiri
Seperti Apa Metode Transfer SKN Mandiri? Simak Cara Membatalkan Metode Transfer SKN Mandiri /Portal Purwokerto/Unsplash/Parker Byrd

 

PORTALPURWOKERTO - Layanan kini tersedia dengan berbagai metode, sejalan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Salah satu metode tersebut adalah transfer Sistem Kliring Nasional (SKN).


Metode transfer SKN sering juga disebut jalur transfer Lalu Lintas Giro (LLG). Dengan adanya metode transfer ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transfer antarbank.

Bagi nasabah yang belum mengetahui metode transfer SKN, simak penjelasan lengkapnya dalam uraian di bawah ini.

Menurut laman resmi Bank Indonesia, transfer SKN adalah infrastruktur yang digunakan oleh (BI) dalam Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal untuk memproses data keuangan elektronik pada layanan transfer dana, kliring warkat debit, pembayaran dan penagihan reguler.

Baca Juga: Biaya Administrasi Rekening Mandiri Berapa? Cek Jenis-Jenis Kartu Bank Mandiri Lengkap dengan Limit Transaksi

Secara umum, SKN termasuk dalam metode transfer antarbank yang memakan waktu paling lama. Dengan metode transfer SKN, uang yang dikirim akan baru sampai ke penerima dalam waktu dua hingga tiga hari.

Pasalnya, pihak bank perlu melakukan proses kliring (clearing) terlebih dahulu terhadap rekening pengirim guna memastikan jumlah uang yang dikirim mencukupi. Selain itu, metode ini biasanya juga dijalankan berdasarkan jadwal masing-masing bank.

Meski memerlukan waktu lama, biaya admin transfer SKN terbilang paling kecil dibandingkan metode lainnya, yaitu hanya sekitar Rp5.000 saja. Tidak hanya itu, nominal maksimal transfer transfer SKN pun cukup besar yakni Rp100 juta per hari.

Metode transfer SKN dapat digolongkan kembali menjadi dua sistem yang berbeda yaitu kliring kredit dan kliring debit.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x