PKH dan BPNT Itu Apa? Ternyata Maksud Bantuan El Nino INI, Tidak Semua KPM Dapat Bansos Rp400 Ribu

- 5 Desember 2023, 18:11 WIB
Ilustrasi. PKH dan BPNT Itu Apa? Ternyata Maksud Bantuan El Nino INI, Tidak Semua KPM Dapat Bansos Rp400 Ribu.*
Ilustrasi. PKH dan BPNT Itu Apa? Ternyata Maksud Bantuan El Nino INI, Tidak Semua KPM Dapat Bansos Rp400 Ribu.* /Antara/Adwit B Pramono

 

PORTAL PURWOKERTO – Simak informasi terkait bantuan El Nino dari Kemensos dan apa itu bantuan sosial PKH serta BPNT, ini Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang dapat bansos senilai Rp400 ribu.

Kementerian Sosial atau Kemensos RI memiliki beberapa jenis bansos yang diperuntukkan bagi masyarakat rentan miskin yang membutuhkan, beberapa di antaranya yakni bansos PKH dan BPNT.

Berikut ini informasi mengenai jenis bantuan BPNT maupun PKH yang sama-sama dikeluarkan oleh Kemensos serta bantuan El Nino yang saat ini banyak diperbincangkan.

Apa Itu PKH dan BNPT?

Program Keluarga Harapan atau PKH merupakah salah satu program bantuan sosial bersyarat, dimana PKH memberikan akses keluarga miskin untuk bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan yang tersedia.

Baca Juga: Cara Daftar BLT Online 2023 Lewat HP Apakah Dapat Dilakukan? Ini Dia Langkah Pengajuan Bantuan Langsung Tunai

Setidaknya terdapat 7 kategori keluarga miskin yang diberikan bantuan PKH oleh Kemensos, antara lain anak usia dini, ibu hamil/nifas, lansia, penyandang disabilitas, serta siswa SD, SMP, dan SMA.

Kemensos telah melaksanakan bansos PKH sejak tahun 2007 dan memberikan tahapan pencairan kepada KPM dengan nominal yang berbeda-beda sesuai dengan kategori dan ketentuan, yaitu berkisar antara Rp225 – Rp750 ribu per tahap.

Sedangkan, BPNT merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yang diberikan bagi KPM agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah