Bansos CBP Itu Apa? Selain BPNT dan PKH, Bansos CBP Disalurkan Tahun 2024 ke KPM Lewat INI

- 29 Desember 2023, 09:45 WIB
Bansos CBP Itu Apa? Selain BPNT dan PKH, Bansos CBP Disalurkan Tahun 2024 ke KPM Lewat INI
Bansos CBP Itu Apa? Selain BPNT dan PKH, Bansos CBP Disalurkan Tahun 2024 ke KPM Lewat INI /ANTARA/


PORTAL PURWOKERTO – Ketahui apa itu bantuan sosial Cadangan Beras Pemerintah atau CBP yang diprediksi bakal tetap disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selain PKH dan BPNT.

Kabar gembira datang untuk pergantian tahun 2023 ke 2024, karena kabarnya Pemerintah akan meneruskan bansos CBP pada awal tahun depan.

Tahukah Anda mengenai bansos CBP dan siapa saja penerima bantuan ini? Simak informasi lengkap terkait bansos tahun 2024 berikut ini.

Apa Itu Bansos CBP?

Program bantuan sosial Cadangan Beras Pemerintah merupakan bentuk upaya dan dukungan Pemerintah kepada masyarakat miskin dalam bentuk beras 10kg yang disalurkan per bulan.

Bansos CBP ini diketahui telah mulai disalurkan sejak bulan April 2023 kepada KPM di seluruh Indonesia yang telah terdaftar di DTKS Kemensos.

Tujuan dari adanya bantuan CBP berupa beras 10kg ini adalah agar masyarakat miskin mendapatkan suntikan untuk bisa memenuhi kebutuhan pokok harian keluarga.

Sampai bulan Desember 2023, bansos CBP disalurkan bersamaan dengan bantuan sosial lain seperti PKH, BPNT, dan BLT El Nino 2023 kepada KPM sesuai ketentuan penerima masing-masing bansos.

Baca Juga: Khusus NIK KTP INI! Cair Bansos PKH 2024 Plus Dana Tambahan! Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Berdasarkan informasi, pemerintah memastikan bahwa program bansos CBP ini akan dilanjutkan dalam tiga bulan berturut-turut di awal tahun 2024 yakni Januari, Februari, Maret.

CBP Disalurkan Lewat Ini

Rencana penyaluran bansos CBP kepada para KPM di seluruh Indonesia sendiri disalurkan melalui PT Pos Indonesia seperti di tahun 2023.

PT Pos Indonesia menjamin kelancaran proses penyaluran bansos beras 10kg CBP yang diperpanjang Pemerintah pada awal tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia, Tonggo Marbun untuk bisa melakukan penyaluran dengan cepat.

"Dengan ketersediaan cabang kantor pos di lebih dari 4.800 lokasi se-Indonesia, Pos Indonesia mampu menyalurkan bantuan hingga ke pelosok wilayah 3T (terluar, terdepan, tertinggal)," jelasnya dikutip dari Antara News, pada 26 Desember 2023.

Marbun menjelaskan terdapat tiga strategi yang akan dilakukan di mekanisme pencairan bansos CBP yang terbukti efektif menjangkau semua KPM dan dapat tepat waktu, antara lain berikut ini.

-          Melalui Kantor Pos terdekat,

-          Dibagikan di komunitas, dan

-          Diantarkan langsung ke rumah penerima (door to door) bagi yang sedang sakit, lansia, maupun disabilitas.

Cara Cek Jadi KPM CBP 2024

Masyarakat khususnya yang berada pada kondisi rentan miskin bisa mengecek status apakah sudah menjadi KPM CBP atau belum melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id.

Anda bisa akses laman resmi Kemensos tersebut dan pilih domisili calon penerima yang akan di cek, serta input identitas sesuai KTP.

Hasil akan ditampilkan usai Anda mengisi kode captcha dan klik “Cari Data”. Jika Anda belum terdaftar namun merasa sesuai dengan kriteria penerima bansos CBP, maka bisa mengusulkan diri ke Desa/ Kelurahan setempat untuk didaftarkan pada sistem DTKS Kemensos.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x