Bansos PKH Maret 2024 Kapan Cair? Sudah Muncul Status Pencairan di SIKS NG? Penjelasan dari Kemensos

- 5 Maret 2024, 19:19 WIB
Bansos PKH Maret 2024 Kapan Cair? Sudah Muncul Status Pencairan di SIKS NG? Penjelasan dari Kemensos
Bansos PKH Maret 2024 Kapan Cair? Sudah Muncul Status Pencairan di SIKS NG? Penjelasan dari Kemensos /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO - Bansos PKH Maret 2024 kapan cair? Sudah muncul status pencairan di SIKS NG? Penjelasan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Informasi pencairan bansos Kemensos yaitu program PKH ini dapat dipantau dalam aplikasi SIKS-NG yang hanya bisa diakses oleh pendamping sosial.

Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki nominal bantuan yang beragam dan berbeda antar komponen dan penyalurannya kepada 10 juta KPM melalui dua cara.

Pertama, penyaluran via bank HIMBARA yang bisa diakses melalui kartu KKS Merah Putih dan kedua penyaluran melalui Kantor Pos yang telah dilakukan pada awal Februari 2024 lalu.

Baca Juga: Biar Tidak Bingung, Penerima BPNT Tahap 2 2024 di Wilayah Purwokerto Jateng Terima Bansos Rp400 Ribu

Perubahan status penyaluran PKH dapat dilihat pada aplikasi SIKS-NG pendamping Sosial dimana pada 5 Maret muncul status "Periode Salur Maret - April 2024".

Perubahan ini memiliki arti, pihak penyalur yaitu pemerintah akan melakukan validasi dan persiapan untuk proses pencairan bansos PKH.

Sementara itu, penerima bansos dapat melakukan pengecekan penerima melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos. Bagi masyarakat yang merasa layak menerima namun belum menjadi KPM, juga bisa melalukan pendaftaran.

Caranya dengan mengunduh dan melakukan aktivasi akun Cek Bansos Kemensos. Melalui akun Instagram resmi @pusdatinkesos memberikan jalan keluar apabila pengguna aplikasi ini mengalami kesulitan.

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah