Status Tahap 2 PKH 2024 Sudah Final Closing di SIKS-NG? Lihat Fix Tanggal Pencairannya

- 22 Maret 2024, 08:10 WIB
Status Tahap 2 PKH 2024 Sudah Final Closing di SIKS-NG? Lihat Fix Tanggal Pencairannya
Status Tahap 2 PKH 2024 Sudah Final Closing di SIKS-NG? Lihat Fix Tanggal Pencairannya /TikTok/SJO TV Informasi


PORTAL PURWOKERTO – Cek apakah status bansos PKH 2024 tahap 2 pada SIKS-NG pendamping sosial sudah final closing atau belum, lihat tanggal berapa fix jadwal pencairannya.

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba, hal ini tentu membuat Pemerintah mempercepat jadwal pencairan PKH 2024 tahap 2 yang memang ditargetkan cair sebelum Lebaran 1445 H.

Setelah selesai menyalurkan Program Keluarga Harapan atau PKH 2024 tahap 1, kini jadwal pencairan tahap 2 sangat dinantikan masyarakat miskin apalagi di saat harga bahan pangan tengah naik di bulan Ramadhan.

Di bagi menjadi beberapa tahap pencairan, PKH 2024 disalurkan melalui Kantor Pos dan rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) merah putih kepada para penerima manfaat (KPM).

Pencairan Tahap 2

Jika di tahun 2023 lalu pencairan bansos PKH dibagi menjadi per 3 bulan periode salur, maka di tahun 2024 ini terdapat sedikit perbedaan.

Dimana untuk KPM pemegang KKS merah putih mendapatkan 2 bulan periode salur atau 6 tahap dalam setahun, dan KPM lewat Kantor Pos tetap mendapatkan 3 bulan periode salur.

Adanya perbedaan ini tidak mempengaruhi jumlah nominal pencairan PKH 2024 secara keseluruhan, dan untuk pencairan tahap 1 sudah disalurkan pada bulan Februari kemarin.

Baca Juga: Ada BLT Tambahan 900 Ribu Cair Hari Ini! Apakah Penerimanya KPM PKH dan BPNT 2024 Atau Bukan


Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa pencairan tahap 2 PKH 2024 ini merujuk kepada KPM pemegang KKS untuk bulan Maret – April, karena KPM Kantor Pos sudah menerima pencairan untuk bulan Januari – Maret.

Status Sudah Final Closing di SIKS-NG?

Memasuki awal bulan Maret kemarin, Pemerintah memang tengah melakukan proses pencairan PKH 2024 tahap 2.

Dan pada SIKS-NG diketahui proses yang sedang berjalan sudah memasuki tahap Final Closing, yang artinya KPM PKH 2024 tahap 2 sudah ditentukan karena memang data penerima tiap bulan terus diupdate.

Beberapa tahap yang masih harus dilakukan antara lain verifikasi rekening, Surat Perintah Mencairkan (SPM), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan yang terakhir Standing Instruction (SI).

Adapun tanggal jadwal pencairan yang fix belum bisa dilihat, namun bisa diprediksi akan cair di tanggal akhir Maret hingga awal bulan April sebelum Hari Raya Idul Fitri 2024.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x