Ada BLT Tambahan 900 Ribu Cair Hari Ini! Apakah Penerimanya KPM PKH dan BPNT 2024 Atau Bukan

- 22 Maret 2024, 07:37 WIB
Ada BLT Tambahan 900 Ribu Cair Hari Ini! Apakah Penerimanya KPM PKH dan BPNT 2024 Atau Bukan
Ada BLT Tambahan 900 Ribu Cair Hari Ini! Apakah Penerimanya KPM PKH dan BPNT 2024 Atau Bukan /Akun TikTok Wigoza/

 

PORTAL PURWOKERTO – Bantuan Langsung Tunai (BLT) tambahan senilai Rp900 ribu cair hari, cek apakah penerimanya merupakan KPM bansos PKH dan BPNT 2024 atau bukan.

BLT tambahan senilai Rp900 ribu ternyata disalurkan Pemerintah di tengah penyaluran bansos Program Keluarga Berencana (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Penyaluran PKH dan BPNT 2024 memang tengah memasuki jadwal pencairan tahap 2 yang memang cair di bulan Ramadhan tahun ini yaitu di bulan Maret.

Namun ternyata BLT Rp900 ribu tersebut disalurkan bukan sebagai bansos PKH maupun BPNT 2024, sehingga bukan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kedua bansos tersebut yang menerima.

BLT Tambahan Rp900 Ribu

Di tengah naiknya harga bahan pangan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 2024, sederet bantuan sosial disalurkan Pemerintah kepada warga miskin untuk dapat meningkatkan daya beli.

Antara lain bansos PKH, BPNT, beras 10 kg, dan BLT Mitigasi Risiko Pangan yang rencananya bakal cair sebesar Rp600 ribu.

Baca Juga: Belum Terlambat, Daftar Penerima BLT Mitigasi Pangan Masih Dibuka di Cek Bansos Kemensos go id 2024? Cek Disin

Ternyata selain bansos yang telah disebutkan, Pemerintah menggelontorkan BLT sebesar Rp900 ribu dengan alokasi pencairan Rp300 ribu per bulan kepada penerima selain KPM PKH dan BPNT 2024.

Diketahui terhitung sejak tanggal 19 Maret kemarin hingga hari ini, beberapa wilayah telah mendapatkan pencairan BLT tambahan Rp900 ribu tersebut.

BLT Dana Desa

Setelah ditelusuri, BLT Rp900 ribu yang tengah disalurkan ternyata merupakan BLT Dana Desa yang memang menyasar ke warga yang belum menerima bansos apapun atau selain KPM bansos BPNT dan PKH 2024.

BLT Dana Desa memang disalurkan melalui APBD yang dilimpahkan ke masyarakat desa masing-masing wilayah sesuai dengan ketentuan penerima yang ditetapkan.

BLT Dana Desa yang tengah disalurkan ini meliputi 2 atau 3 bulan periode salur. Seperti Kecamatan Gunung Kerinci, Jambi yang menerima periode salur bulan Februari – Maret 2024.

Untuk BLT tambahan yaitu BLT Dana Desa senilai Rp900 ribu ternyata diterima oleh masyarakat wilayah Desa Banyuwangi, Jawa Timur untuk periode Januari – Maret 2024.

BLT Dana Desa memang disalurkan maksimal 3 bulan sekaligus dengan sasaran penerima yang masuk ke dalam kategori miskin, dan telah diatur pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ri Nomor 13 tahun 2023.

Bisa disimpulkan bahwa selain bansos PKH dan BPNT 2024 masyarakat, miskin bisa mendapatkan BLT tambahan senilai Rp300 ribu per bulan dari BLT Dana Desa masing-masing wilayah.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x