Dompet Tipis Setelah Lebaran 2024? Jangan Panik, Ini 5 Tips Cerdas Kelola Keuangan

- 13 April 2024, 08:58 WIB
Dompet Tipis Setelah Lebaran 2024? Jangan Panik, Ini 5 Tips Cerdas Kelola Keuangan
Dompet Tipis Setelah Lebaran 2024? Jangan Panik, Ini 5 Tips Cerdas Kelola Keuangan /Freepik

PORTAL PURWOKERTO – Lebaran 2024 yang jatuh pada 10 April 2024 lalu masih diwarnai suasana kumpul bersama keluarga bahkan liburan bareng. Adanya tradisi bagi amplop yang biasa terjadi saat momen hari Raya Idul Fitri menjadi kesempatan untuk mengumpulkan THR.

Namun, pengeluaran yang dikeluarkan setelah Lebaran 2024 bisa langsung membuat dompet menipis. Apalagi didukung dengan hari libur lebaran yang terasa panjang bisa digunakan untuk jalan – jalan bahkan shopping.

Karena itu, anda harus bisa mengelola keuangan agar tidak habis karena hal – hal yang kurang bermanfaat. Berikut tips cerdas mengelola keuangan setelah Lebaran 2024.

Baca Juga: Cara Kredit HP di Shopee Tanpa DP, Beli Handphone Online Mudah Banget Pasti Garansi, Bebas Jaminan

1. Hitung Sisa Uang

Catat semua pemasukan dan pengeluaran selama lebaran, termasuk THR yang diterima. Setelah itu, hitunglah selisihnya untuk mengetahui berapa sisa uang anda.

2. Buat Anggaran Baru

Dengan mengetahui sisa uang, anda bisa membuat anggaran baru pasca lebaran untuk bulan – bulan berikutnya. Prioritaskan kebutuhan primer seperti tagihan, cicilan, dan kebutuhan pokok. Sisihkan juga dana untuk menabung dan berinvestasi yang bermanfaat untuk masa depan anda.

3. Lunasi Utang

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x