Cek dtks.kemensos.go.id Adakah Namamu Sebagai Penerima Bantuan Sosial Bulan Ini?

- 1 April 2021, 11:48 WIB
Ilustrasi bantuan BLT UMKM PNM Mekar di bulan Februari 2021. KUR Alumni Prakerja bisa jadi pilihan jika pernah dapat bantuan dari Pemerintah ini
Ilustrasi bantuan BLT UMKM PNM Mekar di bulan Februari 2021. KUR Alumni Prakerja bisa jadi pilihan jika pernah dapat bantuan dari Pemerintah ini /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO- Bulan ini pemerintah menyalurkan kembali dana bantuan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan. Segera cek apakah namamu tercatat sebagai penerima bantuan sosial di dtks.kemensos.go.id.

Sebagai salah satu upaya pemerintah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yang terkena dampak pandemi. Pemberian bantuan sosial ini diharapkan tepat sasaran.

Agar mereka yang menerima adalah mereka yang layak dan benar benar membutuhkannya. Jangan sampai penerima bantuan sosial adalah orang yang mampu, tentu ini akan sangat tidak tepat sasaran.

Baca Juga: Www.depkop.go.id Daftar UMKM Online 2021 Sudah Tak Bisa Diakses, Update Terbaru BLT UMKM Hanya Rp1,2 Juta

Perlu dicatat ya, laman dtks.kemensos.go.id ini bukan untuk melakukan pendaftaran penerima bantuan sosial, melainkan hanya untuk mengecek apakah kamu sebagai penerima atau bukan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan bahwa bantuan sosial Maret 2021 ditargetkan akan segera cair pada minggu keempat di bulan yang sama yang juga akan berbarengan dengan pencairan bantuan sosial untuk bulan April 2021 mendatang.

Saat ini bentuk bantuan sosial ada tiga jenis yang dikeluarkan oleh pemerintah secara resmi melalui Kementerian Sosial. Bantuan sosial itu antara lain adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan juga Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga: Penyaluran Hanya Sampai April 2021, BST Rp300 Ribu Takkan Diperpanjang, Risma: Tidak Ada Anggaran

Untuk melakukan pengecekan, masyarakat bisa mengakses langsung di dtks.kemensos.go.id dan melihat di bagian atas layar terdapat tulisan Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial, termasuk BST, BPNT dan PKH. Di bawah ada kolom nomor identitas dan Nama.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x