Bagaimana Nasib Penerima BSU Kemnaker yang Pakai Bank BCA? Tenang Saja, Tetap Bisa Cair Rp1 Juta

- 19 Oktober 2021, 18:55 WIB
Bagaimana Nasib Penerima BSU Kemnaker yang Pakai Bank BCA? Tenang Saja, Tetap Bisa Cair Rp1 Juta.
Bagaimana Nasib Penerima BSU Kemnaker yang Pakai Bank BCA? Tenang Saja, Tetap Bisa Cair Rp1 Juta. /Pexels/ Eduardo Soares/

PORTAL PURWOKERTO – Bantuan Subsidi Upah/Gaji (BSU) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kini sudah sampai pada tahap 5 dan masih bisa cair sampai akhir Oktober 2021.
 
Namun masih banyak pertanyaaan dari penerima BSU yang bingung dengan sistem penyaluran dana tersebut, salah satunya adalah persoalan mengenai penerima bantuan yang menggunakan bank swasta, BCA misalnya.

Lantas bagaimanakah nasib penerima BSU Kemnaker yang menggunakan bank BCA? Apakah masih bisa cair? Simak penjelasannya berikut.

BSU Kemnaker merupakan bantuan yang ditujukan untuk menggenjot kemampuan ekonomi pekerja/buruh terdampak covid-19.

Baca Juga: Apa Arti BSU BPJS? Berikut Penjelasan dan Syarat Lengkap Menerima BSU BPJS

Berapakah dana BSU yang cair? Dana bantuan diturunkan sebanyak Rp500 ribu per bulan selama dua bulan, yang diturunkan secara sekaligus sebanyak Rp1 juta.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menegaskan bahwa dana bantuan yang diterima pekerja tidak akan mendapatkan potongan.

“Dan yang paling penting cek temen-temen, bantuan ini tidak boleh dipotong sepeserpun. Bantuan diberikan sebanyak satu juta, harus diterima satu juta utuh,” ujar Ida Fauziyah sebagaimana yang dikutip Portal Purwokerto dari kanal youtube Kemnaker yang diunggah pada 22 September 2021.

Seperti yang diketahui, bahwa dana BSU hanya dicairkan melalui rekening bank Himbara meliputi BNI, BRI, BTN, dan Mandiri dan bukan bank swasta.

Bagi nasabah bank swasta, seperti BCA misalnya, yang dinyatakan layak menerima bantuan tidak perlu khawatir. Karena pekerja akan dibuatkan rekening baru secara kolektif (burekol).

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x