BPUM, Masih Menunggu BLT UMKM yang Cair Desember 2021? Begini Cara Mudah Cek Penerima BPUM Via E-form BRI

- 9 Desember 2021, 15:56 WIB
BPUM, Masih Menunggu BLT UMKM yang Cair Desember 2021? Begini Cara Mudah Cek Penerima BPUM Via E-form BRI
BPUM, Masih Menunggu BLT UMKM yang Cair Desember 2021? Begini Cara Mudah Cek Penerima BPUM Via E-form BRI /Ilustrasi Foto @kemenkopum/

PORTAL PURWOKERTO - Pencairan BPUM, BLT UMKM yang diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM yang bernama BPUM masih bisa dicairkan sampai bulan Desember ini dan begini cara mudah cek penerima BPUM via eform BRI.

BLT UMKM atau sering juga disebut BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) adalah bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM untuk bertahan di tengah tekanan ekonomi imbas dari pandemi.

BPUM atau bantuan ini disalurkan oleh Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) kepada pelaku UMKM yang memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan.

Besarnya bantuan yang diberikan untuk pelaku UMKM di tahun 2021 hanya Rp1,2 juta dimana berbeda dengan tahun 2020 bantuan yang diberikan mencapai Rp2,4 juta.

Baca Juga: Cek Bansos BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta, Segera Daftarkan Diri Anda!

Namun jumlah kuota penerima BPUM di tahun 2021 ini lebih banyak dari tahun 2020 dan pemberian bantuan ini hanya bisa dicairkan satu kali saja dalam kurun waktu satu tahun.

Sejak awal tahun 2021 Kemenkop UKM memiliki jumlah penerima BLT UMKM atau BPUM ini sebanyak 12,8 juta penerima dimana disalurkan dalam dua semester yakni di semester awal sebanyak 9,8 juta penerima dan 3 juta di semester kedua.

Sementara itu untuk mencairkannya bisa melalui dua bank yang sudah ditunjuk pemerintah sebagai tempat pencairan BPUM yaitu bank BRI dan bank BNI.

Di bulan Desember ini dua bank tersebut masih bisa menerima pencairan dana BPUM oleh para penerima BLT UMKM yang terdaftar.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x