7 Perbedaan Pecahan Mata Uang Baru Indonesia 2022 dengan Pecahan Mata Uang Lama

- 18 Agustus 2022, 14:14 WIB
7 Perbedaan Pecahan Mata Uang Baru Indonesia 2022 dengan Pecahan Mata Uang Lama
7 Perbedaan Pecahan Mata Uang Baru Indonesia 2022 dengan Pecahan Mata Uang Lama /Bank Indonesia

PORTAL PURWOKERTO - Setidaknya ada tujuh perbedaan pecahan mata uang baru Indonesia 2022 yang baru saja dikeluarkan hari ini Kamis, 18 Agustus 2022.

Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia pernah beberapa kali mengeluarkan uang kertas baru dengan spesifikasi yang lebih baik setiap tahunnya. 

Tercatat di tahun 2005 BI mengeluarkan dua uang kertas dengan nominal Rp10 ribu bergambarkan Sultan Mahmud Badaruddin II yang merupakan Sultan ke-8 dari Kesultanan Palembang.

Baca Juga: LENGKAP! Ini Spesimen Uang Baru 2022 Ada 7 Uang Kertas Baru yang Dikeluarkan Tahun Ini

Dan uang kertas nominal Rp50 ribu bergambarkan I Gusti Ngurah Rai, pahlawan dari Bali yang terkenal dengan Perang Puputan Margarana.

Kemudian BI di tahun 2009 mengeluarkan satu uang kertas pecahan Rp2.00 bergambarkan Pangeran Antasari dari Kesultanan Banjar, Kalimantan Selatan.

Tahun 2010, pecahan uang kertas dengan nominal Rp10 ribu bergambarkan Sultan Mahmud Badaruddin II diperbaharui dengan menggunakan warna ungu kebiruan. Sebelumnya berwarna ungu saja.

Baca Juga: 7 Mata Uang Terbaru Indonesia, Cermati Satu Persatu Bedanya Dengan Mata Uang Lama!

Pada tahun 2011 dikeluarkan tiga uang kertas baru, yaitu nominal Rp20 ribu berwarna hijau bergambar Otto Iskandar Di Nata, Pahlawan Nasional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Lasti Martina

Sumber: Bank Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x