Waspadai Skor Merah BI Checking atau SLIK OJK, Cek Sanksi dan Akibatnya!

- 25 Oktober 2022, 19:15 WIB
Ilustrasi. Cara cek skor merah BI Checking.*
Ilustrasi. Cara cek skor merah BI Checking.* /Unsplash/Austin Distel./Unsplash/Austin Distel


 
PORTAL PURWOKERTO – Cek sanksi dan akibat dari skor merah BI Checking atau SLIK OJK di dalam artikel ini.

BI Checking sampai saat ini masih menjadi syarat pengajuan pinjaman bank ataupun pinjaman online.

Umumnya BI Checking menjadi syarat pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kendaraan bermotor, Kredit Tanpa Agunan (KTA), kartu kredit ataupun pinjaman lainnya.

Baca Juga: Awas! Jangan Coba Cek BI Checking di Aplikasi Bodong, Cek SLIK OJK Hanya di Link Resmi INI!

Proses persetujuan pinjaman bank dan pinjaman online setelah data calon debitur masuk, maka terlebih dahulu akan di cek skor BI Checking apakah baik atau buruk.

Walaupun sekarang BI Checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK dan sudah tidak berada di bawah pengawasan Bank Indonesia, tidak merubah pentingnya nilai skor BI Checking atau SLIK OJK pada suatu pengajuan pinjaman.

Berdasarkan laman resmi OJK, SLIK OJK adalah sistem informasi yang bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb).

Informasi yang ada di dalam SLIK OJK terbilang akurat, karena catatan debitur tersebut dikumpulkan dari hasil pertukaran data riwayat debitur antar bank dan lembaga keuangan.

Baca Juga: Daftar Pinjaman Online TANPA BI CHECKING Terbaik, Pinjol Legal, Resmi, Aman Diakses dan Terdaftar OJK Oktober

Informasi yang dapat diakses pada BI Checking atau SLIK OJK yaitu identitas debitur, jumlah pembayaran yang diterima, dan riwayat pembayaran cicilan kredit, hingga kredit macet.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: ojk.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x