Akun Pentagram Jual Data Nasabah Kartu Kredit BCA di Dark Web, Polda Metro Jaya: Bukan Data Bocor

- 14 Agustus 2023, 14:29 WIB
ilustrasi dark web. Akun Pentagram Jual Data Nasabah Kartu Kredit BCA di Dark Web, Polda Metro Jaya: Bukan Data Bocor
ilustrasi dark web. Akun Pentagram Jual Data Nasabah Kartu Kredit BCA di Dark Web, Polda Metro Jaya: Bukan Data Bocor /pexels/Markus Spise/

PORTALPURWOKERTO - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers terkait kasus dugaan pembobolan data kartu kredit BCA yang dijual ke forum dark web, Senin, 14 Agustus 2023.

Dikutip dari siaran instagram live, tim gabungan Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan setelah mendapatkan laporan dari pihak BCA.

Saat ini tersangka inisial NGB tersebut telah diamankan, sejumlah dua ribu data pun diperiksa, ternyata bukan merupakan data bocor.

Tersangka mendapatkan data-data nasabah dari tempatnya bekerja, ia sempat kerja di perusahaan pinjaman online pada tahun 2010 sampai 2020 lalu. Setelah itu di tahun 2021 sampai 2022 tersangka bekerja di perusahaan judi online di Kamboja.

Baca Juga: Jual Data Nasabah Kartu Kredit BCA di BreachForum, Mantan Pegawai Pinjol Dibekuk Polda Metro Jaya

Meski demikian pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus telah memastikan, penggunaan data yang bocor ini tidak sampai melakukan transaksi, hanya dapat melihat transaksi secara real time.

Adapun transaksi sendiri harus menggunakan OTP dan password dan hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh pelaku.

Sementara itu perwakilan manajemen BCA mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah melakukan penyelidikan dan memastikan tidak ada kebocoran data dari BCA.

"Kami mengimbau kepada bapak dan ibu utuk selalu waspada terhadap data yang bapak dan ibu miliki. Bank tidak akan pernah meminta data-data yang bersifat pribadi atau confidential," ujar Vice President BCA dikutip dari tayangan live instagram resmi Polda Metro Jaya.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x