Apakah Bantuan El Nino Sama dengan BPNT? Simak Cara Dapat BLT El Nino Mudah dan Cek Online

- 22 November 2023, 15:05 WIB
ilustrasi El Nino.Apakah Bantuan El Nino Sama dengan BPNT? Simak Cara Dapat BLT El Nino Mudah dan Cek Online
ilustrasi El Nino.Apakah Bantuan El Nino Sama dengan BPNT? Simak Cara Dapat BLT El Nino Mudah dan Cek Online /Pexels/Roberto Zuninga/

PORTAL PURWOKERTO - BLT El Nino mulai disalurkan pada bulan November 2023 ini, bantuan El Nino ini berbeda dengan BPNT (Bantuan pangan non tunai) pasalnya bantuan El Nino disalurkan dalam bentuk uang, bukan bahan sembako.

Adapun BNPT merupakan bantuan pangan, bentuknya rata-rata adalah beras dan kebutuhan sembako lainnya dan disalurkan kepada masyarakat yang terdata di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Berbeda dengan bantuan El Nino atau BLT El Nino, diberikan kepada masyarakat dalam bentuk tunai ke rekening penerima maupun pencairan melalui kantor POS.

Apa Itu BLT El Nino?

BLT El Nino merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang terdampak El Nino.

El Nino menyebabkan sejumlah daerah mengalami kekeringan, bahkan banyak petani yang gagal panen karena fenomena El Nino.

Baca Juga: Bantuan El Nino Kapan Cair? Benarkah Ada Bantuan El Nino Rp400 Ribu di Rekening Penerima Bansos PKH 2023?

Adapun nominal yang diberikan untuk masyarakat yang terdampak El Nino adalah Rp200 ribu per bulan. Bantuan El Nino ini diberikan langsung dua bulan untuk bulan November dan Desember.

Sehingga total dana yang akan diterima oleh penerima BLT El Nino adalah Rp400 ribu.

Cara Cek BLT El Nino

Untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan bantuan El Nino, maka salah satu cara yang mudah adalah dengan mengakses laman cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x