Siap-siap Terima Bansos BPNT, PKH, dan CBP Awal Tahun 2024! CEK Cara Jadi KPM di cekbansos.kemensos.go.id

- 27 Desember 2023, 19:38 WIB
Ilustrasi. Siap-siap Terima Bansos BPNT, PKH, dan CBP Awal Tahun 2024! CEK Cara Jadi KPM di cekbansos.kemensos.go.id.*
Ilustrasi. Siap-siap Terima Bansos BPNT, PKH, dan CBP Awal Tahun 2024! CEK Cara Jadi KPM di cekbansos.kemensos.go.id.* /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

 

PORTAL PURWOKERTO – Ini informasi bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah seperti BPNT, PKH, dan CBP yang kabarnya akan dilanjutkan di awal tahun 2024.

Informasi terkait bansos PKH, BPNT, hingga CBP yang diprediksi juga akan disalurkan pada awal tahun 2024 sudah banyak dicari masyarakat, khususnya para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun 2023.

Setidaknya terdapat empat bansos Pemerintah yang akan dilanjutkan di tahun 2024, meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Indonesia Pintar (PIP), dan Cadangan Bantuan Pangan (CBP).

Namun, tak semua KPM di tahun 2023 kemungkinan kembali menjadi penerima bansos Pemerintah di tahun 2024. Berikut informasi terkait cara cek menjadi KPM bansos dan informasi jenis bantuan yang akan disalurkan.

Baca Juga: Kepoin Nih! Jadwal dan Skema Penyaluran BPNT dan PKH 2024 Apakah Ada yang Baru?

Cara Cek Jadi KPM Bansos

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa penyaluran bansos Pemerintah seperti BPNT, PKH, CBP, hingga PIP melalui beberapa mekanisme yang berbeda.

Para KPM BPNT dan PKH umumnya telah memiliki KKS ATM Merah Putih agar bisa mencairkan bansos dari Pemerintah yang ditransfer secara non tunai ke Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BSI) masing-masing KPM.

Selain itu, KPM BPNT dan PKH bisa mencairkan bansos di Kantor Pos terdekat dengan menunjukkan identitas diri. Sedangkan, para KPM CBP biasanya akan menerima bantuan berupa 10kg beras yang bisa diambil di Kelurahan sesuai dengan domisili KPM yang terdaftar.

Sebagai catatan, tidak semua masyarakat Indonesia menjadi KPM bansos Pemerintah. Hanya masyarakat rentan miskin dengan kategori tertentu dan telah terdaftar di DTKS Kemensos yang bisa dijadikan KPM bansos.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x