Mantap Cek Bansos Kemensos go id 2024 Terbaru Hari ini Cair? Bantuan Pangan Non Tunai BPNT PKH Cair Awal Tahun

- 2 Januari 2024, 16:29 WIB
Cek Bansos Kemensos go id 2024 Terbaru Hari ini Cair?
Cek Bansos Kemensos go id 2024 Terbaru Hari ini Cair? /Foto : indonesia.go.id/indonesia.go.id

PORTAL PURWOKERTO - Pemerintah secara resmi akan melanjutkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada tahun 2024 untuk 18,8 juta keluarga penerima manfaat yang terdaftar di DTKS.
Kementerian Sosial (Kemensos) memastikan bahwa seluruh bantuan sosial (bansos) pada tahun 2024 akan disalurkan dalam bentuk uang tunai. Keputusan ini diambil untuk mencegah potensi penyalahgunaan bantuan di lapangan.

Risma menjelaskan bahwa metode penyaluran bantuan dalam bentuk uang tunai telah diterapkan sejak dirinya menjabat di Kemensos. Bahkan, menurutnya, hal tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo"Ini saja uang masih banyak komplain, mengapa tidak cair? Jadi kita cek dulu ke bank mengapa tidak cair," ungkapnya.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan, "Iya, saya tidak akan memberikan itu (barang). Karena pertanggungjawabannya sulit." Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers di Jakarta pada Senin, 4 Desember 2023 dikutip dari antara

Tujuan utama program ini adalah untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Awalnya, BPNT disalurkan dalam bentuk bahan makanan pokok, namun sejak tahun 2021, bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 200.000 setiap bulan, diberikan dua bulan sekali.

Baca Juga: Alhamdulillah BPNT Tahap Awal Cair, Bonus Bansos Beras 10 Kg, Jadwal Pencairan Bansos Terbaru Januari 2024

Penerima manfaat BPNT, yang terdaftar, akan menerima total Rp 400.000 setiap pencairan melalui transfer ke rekening KKS merah putih.

Dana bantuan tersebut dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, dan telur.

Proses pencairan dapat dilakukan di ATM BRI, BNI, dan Mandiri untuk pemegang KKS merah putih, sedangkan penerima manfaat tanpa KKS merah putih akan mendapatkan surat undangan dari PT Pos Indonesia.

Penerima manfaat yang ingin melakukan pencairan sebaiknya memastikan terlebih dahulu keberadaan namanya dalam daftar penerima BPNT dengan mengunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman:

Editor: Eviyanti

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah