Alasan Mengapa PKH Tidak Cair Padahal Sudah Terdata Masuk ke PKH, Simak Ulasannya

- 2 Januari 2024, 22:29 WIB
Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Uang Elektronik atau E-money
Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Uang Elektronik atau E-money /bi.go.id

PORTALPURWOKERTO - Tautan cekbansos.kemensos.go.id menjadi gerbang utama untuk mengetahui para penerima Bansos PKH 2024 yang dinyatakan siap cair pada tahun ini.

Namun, apakah para penerima Bansos PKH 2024 telah pasti merupakan penerima Bansos PKH 2023? Menurut keterangan salah satu pendamping PKH, nama yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI tidak selalu menjamin bahwa seseorang akan menerima Bansos PKH pada tahun berikutnya.

Nama yang ada di DTKS (Kemensos RI) bisa jadi tidak dapat PKH. Jadi pemerintah mengambil siapa saja penerima bansos dari DTKS ini.

Dari data tersebut, berbagai jenis bansos, termasuk Bansos PKH, BPNT, dan El Nino, dibagikan kepada mereka yang memenuhi syarat.

Baca Juga: Penyebab Rizal Ramli Meninggal Dunia 2 Januari 2024, Istri Menteri Keuangan Rizal Ramli? Anaknya Berapa?

Penting untuk dicatat bahwa KPM PKH 2023 yang telah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sudah terdaftar dalam DTKS Kemensos RI. Meski demikian, ada kemungkinan bahwa mereka tidak akan menjadi penerima Bansos PKH 2024.

Faktor-faktor seperti keberhasilan anggota keluarga KPM yang masih dalam satu Kartu Keluarga (KK) lolos CPNS atau PPPK, menjadi mantan narapidana, menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, atau mendapat upah di atas Upah Minimum Regional (UMR) di wilayah tertentu dapat secara otomatis menghapus KPM PKH sebagai penerima manfaat.

Untuk memeriksa status KPM PKH 2024 dalam DTKS Kemensos, dapat dilakukan dengan masuk ke akun cekbansos.kemensos.go.id.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah