Apa Itu Bansos PBI JK 2024? Cek Daftar Penerimanya, Apakah Cair Tiap Bulan?

- 24 Januari 2024, 20:58 WIB
Ilustrasi. Apa Itu Bansos PBI JK 2024? Cek Daftar Penerimanya, Apakah Cair Tiap Bulan?.*
Ilustrasi. Apa Itu Bansos PBI JK 2024? Cek Daftar Penerimanya, Apakah Cair Tiap Bulan?.* /Instagram.com/@kemensosri/

 

PORTAL PURWOKERTO – Cek informasi terkait bansos PBI JK 2024 apakah cair tiap bulan atau tidak, serta cara cek daftar penerimanya.

Tahukan Anda apa itu bantuan sosial PBI JK? PBI JK 2024 merupakan bansos yang diberikan oleh Pemerintah khususnya di sektor kesehatan kepada masyarakat penerima manfaat.

PBI JK 2024 masuk dalam bagian Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditujukan khusus untuk membantu masyarakat kategori miskin dan kurang mampu sesuai Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Lantas, apakah penerima manfaat bansos PBI JK 2024 bisa mendapatkan dana cair bansos setiap bulan? Bagaimana cara cek penerimanya? Berikut informasi lengkapnya.

Baca Juga: PKH 2024 Cair Rp3 Juta Untuk Pemegang Kartu BPJS Kesehatan KIS PBI JK, Cek Syaratnya

PBI JK Cair Tiap Bulan?

Pemerintah memberikan program PBI JK 2024 dengan tujuan agar masyarakat tidak mampu bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik setara BPJS Kesehatan kelas 3.

Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan atau PBI JK 2024 disalurkan setiap bulan oleh Pemerintah ke penerima manfaat dalam bentuk iuran kesehatan yang setara dengan BPJS Kesehatan.

Iuran PBI JK 2024 ditetapkan sebesar Rp42 ribu per orang setiap bulan dikutip dari bpjskesehatan.go.id. Program PBI JK memang dirancang khusus untuk penerima manfaat yang memiliki KIS sebagai akses layanan kesehatan.

Jadi penerima manfaat tak perlu bingung soal biaya kesehatan di rumah sakit atau pusat layanan kesehatan di lokasi penerima terdaftar, karena sudah dibayarkan oleh PBI JK.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah