Selamat Ya, Nama-Nama Ini Terima Bansos Rp600 Ribu Dari Pemerintah, Cek Sekarang Apa Ada Namamu Di Sini

- 18 Februari 2024, 10:40 WIB
Selamat Ya, Nama-Nama Ini Terima Bansos Rp600 Ribu Dari Pemerintah, Cek Sekarang Apa Ada Namamu Di Sini
Selamat Ya, Nama-Nama Ini Terima Bansos Rp600 Ribu Dari Pemerintah, Cek Sekarang Apa Ada Namamu Di Sini /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO -Bansos dari pemerintah dari berbagai program telah mulai dicairkan sejak bulan Februari 2024 ini. Bagaimana cara mengetahui apakah Anda merupakan salah satu penerima?

Salah satu caranya adalah memasukkan identitas ke laman cebansos.kemensos.go.id.

Bantuan sosial (bansos) merupakan inisiatif pemerintah untuk mendukung masyarakat yang memerlukan, terutama keluarga miskin, kelompok rentan, dan individu yang kurang mampu.

Bansos dapat berupa uang, barang, atau layanan yang diberikan secara selektif dan tidak berkelanjutan. Pada bulan Februari dan Maret 2024, pemerintah akan memberikan empat jenis bansos yang mencakup Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Pangan (BSP), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan, dan Bantuan Pendidikan Indonesia Pintar (PIP). Penerima bansos dapat melakukan verifikasi dan mengakses bantuan melalui Sistem Cek Bansos Kementerian Sosial.

Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program bansos yang ditujukan kepada keluarga miskin dan rentan dengan anggota keluarga khusus seperti ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas berat, dan lansia. Bantuan ini dibagi dalam beberapa kategori dengan besaran yang bervariasi:

  • Kategori Ibu Hamil/Nifas: Rp 3 juta/tahun atau Rp 750 ribu/tiga bulan
  • Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun: Rp 3 juta/tahun atau Rp 750 ribu/tiga bulan
  • Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp 900 ribu/tahun atau Rp 225 ribu/tiga bulan
  • Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat: Rp 1,5 juta/tahun atau Rp 375 ribu/tiga bulan
  • Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat: Rp 2 juta/tahun atau Rp 500 ribu/tiga bulan
  • Kategori Penyandang Disabilitas berat: Rp 2,4 juta/tahun atau Rp 600 ribu/tiga bulan
  • Kategori Lansia: Rp 2,4 juta/tahun atau Rp 600 ribu/tiga bulan

Bantuan PKH akan dicairkan pada bulan Februari dan Maret 2024 melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk pemerintah. Informasi lebih lanjut mengenai daftar penerima PKH dapat diakses melalui situs resmi PKH atau dengan menghubungi call center PKH di nomor 1500299.

Baca Juga: Tanggal 20 Februari 2024 Memperingati Hari Apa? Ini Peristiwa Penting yang Terjadi

Bantuan Sosial Pangan (BSP)

BSP diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk bantuan pangan non tunai (BPNT) sebesar Rp 200 ribu per bulan. Bantuan ini dapat digunakan untuk pembelian bahan pangan pokok seperti beras, telur, daging, sayur, dan buah di e-warung atau agen BRILink terdekat. BSP juga akan dicairkan pada bulan Februari dan Maret 2024 melalui kartu elektronik yang diterbitkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Untuk informasi mengenai daftar penerima BSP, dapat diakses melalui situs resmi BSP atau dengan menghubungi call center BSP di nomor 1500017.

BLT Mitigasi Risiko Pangan

BLT Mitigasi Risiko Pangan adalah program bansos yang digagas pemerintah sebagai pengganti BLT El Nino yang diberikan pada November-Desember 2023. BLT ini sebesar Rp 200 ribu per orang akan diberikan kepada 18,8 juta KPM selama periode Januari-Maret 2024. Pencairan bantuan BLT akan dilakukan sekaligus pada bulan Februari 2024 melalui PT Pos Indonesia. Informasi mengenai daftar penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan dapat diakses melalui situs resmi BLT Mitigasi Risiko Pangan atau dengan menghubungi call center BLT Mitigasi Risiko Pangan di nomor 161.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x