Cek Bansos Kemensos Rp600 Ribu Bulan Maret 2024 Tahap Kedua Cair Kapan? Simak Tanggal dan Jadwal Pencairan

- 26 Februari 2024, 22:05 WIB
Cek Bansos Kemensos Rp600 Ribu Bulan Maret 2024 Tahap Kedua Cair Kapan? Simak Tanggal dan Jadwal Pencairan
Cek Bansos Kemensos Rp600 Ribu Bulan Maret 2024 Tahap Kedua Cair Kapan? Simak Tanggal dan Jadwal Pencairan /pexels/Markus Winkler/

PORTAL PURWOKERTO - Bantuan sosial (bansos) dari Kementrian Sosial pada bulan Maret 2024 akan memasuki tahap kedua penyaluran. Apakah Anda termasuk sebagai penerima manfaat?

Bansos Kemensos terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang menyediakan bantuan tunai kepada keluarga miskin untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, dan gizi. PKH juga memiliki komponen pemberdayaan sosial dan ekonomi untuk membantu keluarga miskin meningkatkan kesejahteraannya.

Ada juga Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang memberikan bantuan pangan kepada keluarga miskin dan rentan secara langsung melalui mekanisme non-tunai, seperti kartu elektronik. Melalui BPNT, penerima manfaat dapat membeli bahan pangan di warung atau toko yang telah bekerjasama dengan program ini.

Selanjutnya, ada BST adalah program bantuan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada keluarga miskin dan rentan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Baca Juga: Info Pencairan BPNT Hari Ini 27 Februari 2024, Cek Bansos Rp600 Ribu, Cara Dapatkan Bantuan Pemerintah


Program-program tersebut merupakan upaya dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi mereka yang berada dalam kondisi ekonomi yang rentan.

Jadwal Pencairan Bantuan Sosial

Adapun jadwal pencairan terbagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama yakni Januari-Februari, tahap kedua Maret-April dan tahap ketiga April-Mei setiap tahunnya.

Untuk BPNT, penerima manfaat mendapatkan Rp200 ribu dalam satu kali pencairan dan diberikan melalui rekening Himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN) maupun melalui Kantor POS Indonesia.

Setelah masuk ke rekening, dana bantuan BPNT dapat dibelikan sembako di warung sembako yang telah ditunjuk.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x