Bocoran Tanggal Pencairan BPNT Mei 2024, Status SIKS NG Sudah Berubah dan Penyaluran Pertama di KKS BRI?

- 18 Mei 2024, 15:44 WIB
Pendamping sosial berikan bocoran tanggal pencairan BPNT Mei 2024
Pendamping sosial berikan bocoran tanggal pencairan BPNT Mei 2024 /Unsplash/ jack young

PORTAL PURWOKERTO- Disalurkan dalam bentuk uang tunai, berikut bocoran tanggal pencairan BPNT bulan Mei 2024 setelah ada perubahan status di aplikasi SIKS NG.

Bantuan yang salah satunya disalurkan melalui KKS BRI ini diberikan kepada 18,8 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia merupakan bansos reguler.

SIKS NG adalah aplikasi yang hanya bisa diakses oleh pendamping sosial, namun ada beberapa hal yang harus diketahui oleh KPM, salah satunya diungkapkan oleh Angga pendamping PKH di Indramayu, Jawa Barat.

SIKS NG yang dipegang pendamping sosial dan supervisor berbeda, dimana Angga dkk hanya bisa melihat aplikasi ini untuk tingkat kecamatan, desa, ataupun kelurahan.

Sementara supervisorlah yang bisa melihat SIKS NG tingkat kabupaten/kota, sehingga update  SPM atau SP2D lebih cepat bisa dilihat oleh supervisor ketimbang pendamping PKH seperti Angga.

Baca Juga: BPNT 2024 Belum Cair, KPM Terima Bantuan Rp600 Ribu, Apa dari BLT Mitigasi Pangan Akhirnya Salur atau Bukan?

"Mungkin lebih update dalam artian statusnya bisa sudah SPM atau SP2D," jelasnya. 

Melalui aplikasi itulah, Kementerian Sosial RI mengirimkan pembaharuan data bansos baik itu PKH maupun BPNT, namun tidak untuk BLT Mitigasi Pangan karena datanya juga diambil dari P3KE.

Angga menuturkan sebelum mengetahui jadwal pencairan BPNT, nanti Kemensos akan mengirimkan pembaharuan data untuk SIKS NG yang dipegang supervisor sleanjutnya baru ke operator SIKS NG di kelurahan.

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah