Bisnis di Musim Haji Mengiurkan, Omzetnya Sehari Bisa Sampai Rp20 Juta!

- 31 Mei 2024, 05:00 WIB
Bisnis di Musim Haji Mengiurkan, Omzetnya Sehari Bisa Sampai Rp20 Juta!
Bisnis di Musim Haji Mengiurkan, Omzetnya Sehari Bisa Sampai Rp20 Juta! /Lasti Martina/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO - Musim haji membawa berkah tersendiri bagi para pelaku usaha. Para jemaah haji tentunya membutuhkan persiapan khusus sebelum dan sesudah ibadah.

Meskipun dibayang-bayangi dengan adanya inflasi, namun ternyata konsumsi masyarakat di musim haji ini meningkat.

Bahkan, omzet penjualan perlengkapan dan oleh-oleh khas haji di tahun 2024 ini disebut meningkat 60 persen dibandingkan 2023.

Dari pengakuan pedagang di berbagai daerah, omzet penjualan barang-barang yang berkaitan dengan ibadah haji dalam sehari di tahun 2024 bisa mencapai Rp20 juta. 

Penjualan perlengkapan haji dan oleh-oleh haji dimulai sebelum ibadah haji dimulai. Pasalnya,  sebelum calon jemaah haji berangkat ke Tanah Suci, biasanya sudah berbelanja oleh-oleh haji maupun perlengkapan haji. 

Baca Juga: Inspirasi Khutbah Jumat Mengenai Ibadah Haji

Hal ini untuk mempermudah pembagian oleh-oleh sepulangnya dari melaksanakan ibadah haji. Dari segi harga dan kemudahan, membeli oleh-oleh haji di tanah air ternyata cukup meringankan jemaah.

Satu hal yang membuat jemaah memilih untuk membeli oleh-oleh haji di Indonesia adalah adanya pembatasan bagasi bagi jemaah haji. Hal ini tidak memungkinkan jemaah untuk membawa oleh-oleh dalam jumlah banyak.

Bisnis di musim haji yang menggiurkan biasanya terdiri dari empat kategori. Mulai dari perlengkapan haji, makanan dan minuman, serta jasa dan layanan.

Halaman:

Editor: Lasti Martina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah