22.485 Hewan Kurban di Cilacap Dipastikan Aman, Pemkab Lakukan Pemeriksaan Berlapis

- 17 Juni 2024, 14:05 WIB
Jumlah total hewan kurban di Cilacap mencapai 22.485, semua hewan kurban dipastikan aman konsumsi.*
Jumlah total hewan kurban di Cilacap mencapai 22.485, semua hewan kurban dipastikan aman konsumsi.* /Renny T Hamzah/Portal Purwokerto

 

PORTAL PURWOKERTO - Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap memprediksi ada sebanyak 22.485 ekor hewan kurban di Cilacap pada Hari Raya Idul Adha 1445 H. Seluruhnya dipastikan aman konsumsi.

Pemkab Cilacap melakukan pemeriksaan secara berlapis agar memastikan kesehatan hewan kurban dan keamanan konsumsi di masyarakat.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, jumlah yang ada secara rinci untuk sapi ada sebanyak 6.350 ekor, kambing ada sebanyak 15.500-an ekor dan untuk domba ada sebanyak 635 ekor.

Jumlah ini meningkat dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2022 tercatat ada 19.063 ekor, tahun 2023 sebanyak 19.765 ekor untuk sapi, kambing dan domba.

Baca Juga: Cari HP Warga yang Tercebur, Petugas Damkar Majenang Selami Sumur Kedalaman 12 Meter

Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan jika seluruh hewan kurban di Cilacap aman dikonsumsi oleh masyarakat. Pemkab Cilacap melalui Dinas Pertanian telah melakukan pemeriksaan dengan berlapis.

"Kita sudah melakukan pengecekan dengan sistem yang lebih canggih menggunakan barcode, jadi riwayat hewan kurban bisa diketahui, mulai daei asal hewan dan kesehatannya terpantau, juga ada pemeriksaan di perbatasan untuk cek keluar masuk hewan itu berasal," kata Awal, Senin, 17 Juni 2024.

Selain itu juga ada pemeriksaan post mortem, atau setelah hewan itu disembelih. Untuk melihat kondisi hewan pada bagian dalam, terutama organ hati, paru, lidah dan kepala.

"Insyaallah hewan kurban dalam kondisi sehat, aman untuk dikurbankan dan dikonsumsi masyarakat," katanya.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah