Cairkan BSU BPJS Ketenagakerjaan di BNI Bisa Tanpa Antri, Ini Panduan Lengkapnya

- 19 Oktober 2021, 13:00 WIB
Cairkan BSU BPJS Ketenagakerjaan di BNI Bisa Tanpa Antri, Ini Panduan Lengkapnya
Cairkan BSU BPJS Ketenagakerjaan di BNI Bisa Tanpa Antri, Ini Panduan Lengkapnya /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto


 
PORTAL PURWOKERTO – Bantuan Subsidi Upah/Gaji (BSU) BPJS Ketenagakerjaan bisa disalurkan melalui bank BNI selaku salah satu bank yang bekerjasama dengan Kemnaker.
 
Namun, banyak nasabah penerima BSU Ketenagakerjaan yang mengeluhkan masalah antrian ketika hendak menarik dana bantuan di bank.
 
Adapun kemungkinan yang dihadapi nasabah hingga sulit untuk mencairkan dana BSU. Untuk mengatasinya, simak penjelasan dan panduannya berikut.

Baca Juga: Cara Aktivasi Rekening BSU BTN, Ternyata Pakai Sistem Nomor Antri Kuota, Ini Cara Cepat Cairnya
 
BSU merupakan dana bantuan yang disalurkan pemerintah guna melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh terdampak pandemi Covid-19.
 
Jumlah bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan, yang akan disalurkan sekaligus sebesar Rp1 juta.
 
Tidak semua pekerja/buruh terdampak covid-19 akan menerima bantuan, hanya pekerja yang memenuhi  persyaratan berikut yang dinyatakan layak sebagai penerima BSU:

1. WNI yang dibuktikan dengan NIK

2. Bukan penerima bantuan lainnya selama pandemi Covid-19, seperti Kartu Prakerja, BLT UMKM, atau PKH

3. Pekerja yang bekerja di wilayah PPKM level 3 dan 4

4. Memiliki gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupatan/kota lebih besar dari Rp3,5 juta maka persyaratan gaji tersebut paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan hingga ratus ribuan penuh

5. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan maksimal sampai Juni 2021

Baca Juga: Moon Rabbit Coin Ikut Melonjak Gegara Cuitan Elon Musk yang Dianggap Trader Mirip Kelinci, Bukan Shiba Inu

Dana bantuan akan disalurkan melalui bank Himbara yang meliputi Bank BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Sedangkan pekerja yang bekerja di wilayah Aceh akan disalurkan melalui Bank BSI.

Bagi pekerja yang menggunakan bank swasta tidak perlu khawatir, karena akan dibuatkan rekening baru secara kolektif (burekol).

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: Twitter @BNI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x