Apa Itu Pinjol? Simak Penjelasannya dan Cara Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal Agar Anda Tidak Menjadi Korban

- 12 Maret 2022, 14:00 WIB
Apa Itu Pinjol? Simak Penjelasannya dan Cara Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal Agar Anda Tidak Menjadi Korban
Apa Itu Pinjol? Simak Penjelasannya dan Cara Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal Agar Anda Tidak Menjadi Korban /Pexels/RODNAE Productions

PORTAL PURWOKERTO – Apa itu pinjol? Simak penjelasan mengenai apa itu pinjol serta cara membedakan pinjol legal dan ilegal.

Pinjaman online atau pinjol adalah sebuah inovasi pembiayaan atau pinjaman yang berbasi secara online atau daring.

Seluruh proses transaksi dalam pinjaman online atau pinjol dilakukan secara daring atau online, mulai dari proses pengajuan hingga proses pencairan dana pinjaman.

Baca Juga: Pinjaman Online Langsung Cair Hitungan Menit, Tanpa Slip Gaji, Aman dan Sudah Terdaftar Resmi OJK 2022

Jika pada masa lalu, masyarakat hanya dapat melakukan pengajuan pinjaman dengan mendatangi kantor cabang dari sebuah bank atau lembaga keuangan penyedia jasa.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, semua kegiatan yang dulu dilakukan secara langsung di kantor penyedia jasa pinjaman, kini dilakukan secara online atau daring.

Dengan kemudahan proses yang dilakukan, masyarakat pun secara perlahan mulai beralih untuk menggunakan pinjaman online atau pinjol.

Selain kemudahan prosesnya, hal lain yang sering menjadi alasan bagi masyarakat untuk mengakses pinjol adalah terkait dengan jaminan atau agunan.

Baca Juga: Mining Crypto, Apaan sih? Simak Bagaimana Cara Mendulang Crypto dengan Berbagai Cara Berikut ini! Cuan Cuan!

Sebagian besar perusahaan penyedia jasa pinjol tidak menjadikan jaminan atau agunan sebagai salah satu syarat pinjol yang ditetapkan oleh perusahaan pinjol.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x