Apa Saja Hari Pasaran Jawa? Dan Kapan Hari Jawa Berganti? Simak Penjelasannya Berikut Ini

- 4 Januari 2023, 17:02 WIB
Apa Saja Hari Pasaran Jawa? Dan Kapan Hari Jawa Berganti? Simak Penjelasannya Berikut Ini
Apa Saja Hari Pasaran Jawa? Dan Kapan Hari Jawa Berganti? Simak Penjelasannya Berikut Ini /Portal Purwokerto/Irani Isnaeni/

PORTAL PURWOKERTO- Apa saja hari pasaran Jawa? Dan kapan hari Jawa berganti? Simak penjelasannya berikut ini.

Di kalender Jawa, terdapat hari pasaran Jawa dan setiap harinya berganti. Bagaimanakah mengetahuinya? Berikut ini penjelasannya.

Kalender Jawa mencatat ada weton, neptu, dan wuku. Weton berasal dari hari Pasaran Jawa yang dihitung berdasar penanggalan Jawa.

Penanggalan atau kalender Jawa ini merupakan sistem penanggalan yang merupakan perpaduan dari sistem penanggalan Islam, Hindu, dan sedikit penanggalan Julian yang merupakan bagian dari budaya Barat.

Baca Juga: Galbay Pinjol Ilegal? Selain DC Lapangan, Ini Resiko dan Solusi yang Penting Untuk Anda Ketahui

Kalender Jawa ini telah digunakan sejak jaman dulu, yakni sejak jaman Kesultanan Mataram dan daerah yang berada di bawah kekuasaannya serta yang mendapat pengaruh darinya.

Nah dalam kalender Jawa ini terdapat weton, neptu, dan wuku yang setiap harinya berbeda dan tidak sama.

Weton merupakan gabungan dari hari pasaran Jawa dengan hari nasional. Weton ini kerap digunakan masyarakat untuk mengetahui peruntungan watak, jodoh, rezeki, hingga acara sakral.

Jika di kalender nasional 1 minggu ada 7 hari (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu), maka berbeda dengan di kalender Jawa.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah