Tips Standar Besaran THR, Jangan Sampai Bikin Kantong Bolong!

- 16 April 2023, 11:40 WIB
Tips Standar Besaran THR, Jangan Sampai Bikin Kantong Bolong!
Tips Standar Besaran THR, Jangan Sampai Bikin Kantong Bolong! /Lasti Martina/Portal Pourwokerto

PORTAL PURWOKERTO - Standar besaran THR untuk anak yang akan diberikan saat Hari Raya Idul Fitri perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya nominal uang yang dikeluarkan untuk salam tempel ini cukup banyak. Bahkan ada yang berkomentar bahwa mengeluarkan THR untuk anak yang datang ke rumah bisa membuat seseorang meminjam uang dari pinjol.

Beredar dari berbagai media sosial, ada standar besaran THR untuk anak di berbagai daerah mulai dari Padang di Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan di Jawa Timur. Besaran THR tersebut berkisar antara Rp2.000 hingga Rp100.000 per anak. 

Pemberian THR untuk anak dikenal juga dengan nama salam tempel karena uang yang diberikan kepada anak akan diberikan saat bersalaman dengan tuan rumah. Pemberian salam tempel ini sudah menjadi tradisi yang tidak tertulis setiap Hari Raya Idul Fitri. Ketika berkeliling rumah sanak saudara maupun tetangga, anak yang berusia di bawah 20 tahun pasti akan mendapatkannya dengan variasi yang berbeda.

Baca Juga: Standar Besaran THR untuk Anak, Berapa di Tempatmu?

Terkadang, THR untuk anak TK, SD, SMP, SMA hingga anak yang sudah kuliah berbeda meskipun berasal dari satu keluarga. Hal ini tak jarang menimbulkan kecemburuan karena jumlah nominal yang berbeda. Tentu hal ini menjadi bahan pembicaraan dari anak-anak tersebut.

Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, memberi THR untuk anak bukanlah senuah kewajiban, namun keluangan hati serta pendapatan. Tak jarang pengeluaran memberikan THR untuk anak ini sangat besar. Hingga pernah ada celetukan untuk meminjam uang dari pinjol untuk memberikan hal ini.

THR anak biasanya diberikan kepada anak sendiri (bila sudah berkeluarga), keponakan langsung, keponakan jauh, anak tetangga sebelah rumah, tetangga satu RT hingga tetangga satu RW. Tentu sangat banyak jumlah yang harus dikeluarkan. Karena biasanya anak tetangga yang datang akan datang kembali membawa teman-temannya. Tak jarang ada anak yang datang dua hingga tiga kali apabila tuan rumah tidak menyadarinya.

Baca Juga: Hukum Meminta Minta THR dalam Islam Ternyata Seperti Ini, Waspadalah!

Standar besaran THR untuk anak harusnya dilakukan per rumah tangga karena pendapatan dari satu rumah tangga berbeda dengan rumah tangga lainnya. Pertama, buatlah daftar penerima THR. Anda dapat mengurutkan tergantung pada kedekatan kekerabatan dan usia. Tentu THR bagi anak SD berbeda dengan anak SMA sehingga hal ini juga perlu diperhatikan.

Halaman:

Editor: Lasti Martina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x