Cara Cek Status Penerima Bansos, Alhamdulillah BLT El Nino Rp400 Ribu Masih Cair Januari 2024!

- 4 Januari 2024, 15:31 WIB
Ilustrasi uang. Cara Cek Status Penerima Bansos, Alhamdulillah BLT El Nino Rp400 Ribu Masih Cair Januari 2024!.*
Ilustrasi uang. Cara Cek Status Penerima Bansos, Alhamdulillah BLT El Nino Rp400 Ribu Masih Cair Januari 2024!.* /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

 

PORTAL PURWOKERTO – Alhamdulillah, Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino kembali cair di bulan Januari 2024. Simak cara cek status penerima bansos dan informasi lengkapnya.

Masyarakat rentan miskin atau kurang mampu yang telah terdaftar sistem DTKS Kemensos kembali akan mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah, salah satunya BLT El Nino yang telah disalurkan sejak Desember 2023.

BLT El Nino disalurkan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh daerah Indonesia yang ditargetkan sebanyak 18,8 juta KPM.

Skema pencairan BLT El Nino yang tadinya ditargetkan selesai sebelum akhir Desember 2023 lalu, ternyata masih dilanjutkan kepada para KPM sampai dengan awal Januari 2024 sekarang.

Baca Juga: Catat! 5 Bansos Cair di Awal 2024, Bansos CBP Bakal Lanjut Sampai Juni? BLT El Nino Masih Cair Bulan INI

Pencairan BLT El Nino 2024

KPM BLT El Nino merupakan masyarakat rentan miskin yang sebelumnya telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS milik Kemensos.

Sistem DTKS Kemensos ini berisi data keluarga yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan berbagai jenis bansos Pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga yang terbaru BLT El Nino.

BLT EL Nino awalnya dicanangkan cair senilai Rp200 ribu per bulan terhitungan November – Desember 2023 dengan 1 kali pencairan senilai total Rp400 ribu.

Adanya BLT El Nino ini ditujukan untuk membantu daya beli kebutuhan pokok masyarakat miskin akibat musim kemarau panjang dan kenaikan harga.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah