Pastikan NIK KTP Terdaftar Jadi Penerima Bansos 2024 di Situs Kemensos, Ada BPNT dan PKH

- 14 Maret 2024, 18:10 WIB
Ilustrasi. Pastikan NIK KTP Terdaftar Jadi Penerima Bansos 2024 di Situs Kemensos, Ada BPNT dan PKH.*
Ilustrasi. Pastikan NIK KTP Terdaftar Jadi Penerima Bansos 2024 di Situs Kemensos, Ada BPNT dan PKH.* /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO – Segera pastikan apakah NIK KTP Anda terdaftar sebagai penerima bansos 2024 di situs Kemensos atau tidak, ada bansos BPNT, PKH dan lainnya.

Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan akses mudah untuk masyarakat guna mengetahui apakah NIK KTP nya terdaftar sebagai penerima manfaat bansos 2024 atau tidak.

Setidaknya ada empat bansos 2024 yang disalurkan Pemerintah tahun ini, meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bansos beras 10 kg, hingga BLT Mitigasi Pangan.

Melalui situs resmi Kemensos yaitu cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat bisa lakukan cek penerima bansos 2024 dimana saja dengan mudah menggunakan NIK KTP dan akses internet.

Baca Juga: Kapan BLT Mitigasi Pangan Cair 2024 Lewat Apa? Cek Bansos Kemensos Hari Ini, 14 Maret 2024 Cair Rp600 Ribu

Penerima Bansos yang Terdaftar

Perlu diketahui, bahwa penetapan NIK KTP penerima manfaat bansos 2024 seperti PKH dan BPNT masih didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

DTKS merupakan bank data atau data induk yang digunakan sebagai acuan dalam penyaluran bantuan sosial Pemerintah, baik yang bersumber dari dana APBN ataupun APBD.

Sedangkan, untuk bansos 2024 beras 10 kg tahun ini didasarkan pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Dan penetapan penerima manfaat bansos beras 10 kg tersebut disahkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x