Cara Agar Tidak Kena Penipuan Ganjal Kartu ATM, Lakukan Enam Hal Berikut, Waspada Pengguna BRI BCA BNI Mandiri

- 17 April 2024, 08:35 WIB
Ilustrasi-Cara Agar Tidak Kena Penipuan Ganjal Kartu ATM, Lakukan Enam Hal Berikut, Waspada Pengguna BRI BCA BNI Mandiri
Ilustrasi-Cara Agar Tidak Kena Penipuan Ganjal Kartu ATM, Lakukan Enam Hal Berikut, Waspada Pengguna BRI BCA BNI Mandiri /Maria Nofianti / PORTAL PURWOKERTO

PORTAL PURWOKERTO- Cara agar tidak kena modus penipuan ganjal kartu ATM, lakukan enam hal berikut, waspada bagi pengguna BRI BCA BNI Bank Mandiri atau perbankan lain.

Modus kejahatan ganjal kartu ATM bertujuan untuk menguras isi rekening nasabah dengan mencuri kode keamanan PIN dan kartu ATM yang tidak bisa keluar dari mesin ATM.

Waspada dengan modus kejahatan ini karena salah satu korban yang berasal dari Kudus harus menelan pil pahit setelah isi rekeningnya dikuras habis oleh komplotan penjahat. Tindak kejahatan itu terjadi di ganjal kartu ATM.

Korban DB yang merupakan nasabah BRI harus kehilangan uang sebesar Rp993 juta dari ATMnya, dimana pada saat kejadian, ATM milik DB tidak bisa keluar dari mesin.

Baca Juga: Apa Itu Soceng BRI? Waspada Penipuan Mengatasnamakan BRI Jelang Lebaran Viral, Bahaya Data Pribadi Bocor

Kemudian ada orang yang datang membantu dimana orang tersebut menyarankan kepada korban untuk menarik sejumlah uang lebih dulu baru kemudian melaporkan ke bank BRI terdekat.

"Ternyata bujukan orang yang tidak dikenal untuk mengambil uang tunai, merupakan alibi komplotan pelaku pengganjal kartu ATM untuk mengetahui kartu PIN ATM korban karena ada pihak yang mengingat pin ATM korban," jelas Waka Polres Kudus Kompol Satya Adi Nugraha, seperti yang dikutip dari Antara.

Meski demikian, pihak Polres Kudus telah menangkap satu dari empat komplotan pengganjal kartu ATM tersebut sementara tiga lainnya masih dalam pengejaran.

Untuk terhindar dari modus kejahatan ganjal kartu ATM, masyarakat bisa menerapkan enam hal berikut ini seperti yang disampaikan Polres Rejang Lebong melalui akun Instagram @polresrejanglebong.

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x