Apa Itu Soceng BRI? Waspada Penipuan Mengatasnamakan BRI Jelang Lebaran Viral, Bahaya Data Pribadi Bocor

- 5 April 2024, 10:36 WIB
Apa Itu Soceng BRI? Waspada Penipuan Mengatasnamakan BRI Jelang Lebaran Viral, Bahaya Data Pribadi Bocor
Apa Itu Soceng BRI? Waspada Penipuan Mengatasnamakan BRI Jelang Lebaran Viral, Bahaya Data Pribadi Bocor /Tiktok/

PORTAL PURWOKERTO - Apa itu soceng BRI? Waspada penipuan mengatasnamakan BRI jelang Lebaran, bahaya data pribadi bocor. Kasus kejahatan digital semakin masif menjelang momentum hari raya keagamaan.

Soceng meresahkan masyarakat karena mendekati korban dengan beragam media seperti telepon, chat, SMS, e-mail, media sosial, dan sebagainya. Lalu, apa itu soceng?

Soceng Adalah

Soceng adalah singkatan dari social engineering yaitu kejahatan penipuan perbankan yang memanipulasi psikologi korban untuk menguras isi rekening.

Baca Juga: Cara Ajukan Pinjaman Pinang BRI Rp25 Juta Tanpa Jaminan, Bukan KUR BRI 2024, Bisa untuk Kebutuhan Konsumtif

Media yang digunakan dalam penipuan soceng ini beragam dan yang paling sering adalah pesan singkat dengan tautan yang dikirim pada nomor handphone nasabah via Whatsapp, emai maupun SMS.

Tujuan soceng adalah korban membocorkan data pribadinya dan data transaksi perbankan yang sifatnya rahasia, maka dari itu nasabah harus waspada dengan segala modus penipuan yang membahayakan.

Penipuan Soceng BRI

Modus penipuan soceng ini mulai dari undangan pernikahan palsu berbentuk file APK pada aplikasi Whatsapp, iklan palsu di media sosial, link perubahan tarif atau file foto berisi APK bodong.

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x